Sukses


Kalahkan Rafael Nadal, Roger Federer Juara Australia Terbuka

Bola.com, Melbourne - Roger Federer berhasil menjuarai Australia Terbuka 2017 setelah mengalahkan sang rival abadi, Rafael Nadal, lewat duel ketat lima set 6-4, 3-6, 6-1, 3-6, 6-3 pada laga final di Rod Laver Arena, Melbourne, Australia, Minggu (29/1/2017).

Federer meraih titel kelima pada Australia Terbuka dan yang ke-18 sepanjang karier untuk memantapkan status sebagai petenis putra dengan gelar grand slam terbanyak sepanjang masa. Bagi petenis asal Swiss itu, gelar di Melbourne Park ini merupakan titel major pertamanya setelah menjuarai Wimbledon 2012.

Federer juga mencetak sejarah dengan menjadi petenis putra pertama yang mengoleksi minimal lima gelar tunggal pada tiga turnamen grand slam berbeda. Petenis berusia 35 tahun itu sudah lima kali juara Australia Terbuka dan AS Terbuka serta tujuh kali juara Wimbledon.

"Saya selalu datang ke sini selama hampir 20 tahun dan selalu menikmatinya. Begitu pula dengan keluarga saya sekarang. Terima kasih atas segalanya. Semoga saya bisa datang lagi tahun depan. Jika tidak, ini merupakan momen yang indah dan saya sangat senang bisa jadi juara pada hari ini," kata Federer seperti dikutip dari BBC.

Pencapaian Federer terbilang luar biasa mengingat Australia Terbuka 2017 merupakan turnamen pertamanya sejak Wimbledon 2016. Dia absen selama enam bulan pada paruh kedua 2016 untuk memulihkan cedera lutut.

Sama seperti Roger Federer, Rafael Nadal juga diganggu cedera sepanjang 2016. Petenis asal Spanyol itu mengalami cedera pergelangan tangan.

"Saya bekerja sangat keras agar bisa sampai ke sini. Hanya, mungkin Roger lebih layak menang pada hari ini. Saya akan terus berjuang. Saat ini saya merasa sudah kembali ke level terbaik," ujar Nadal, yang terakhir kali menjadi juara grand slam pada 2014 di Prancis Terbuka.

Secara keseluruhan, Nadal masih unggul dalam rekor pertemuan atas Federer (23-12). Dari sembilan duel di final grand slam, Federer baru menang tiga kali atas Nadal.

"Tenis itu olahraga yang kejam karena tak mengenal hasil imbang. Jika ada, saya harap bisa berbagi gelar dengan Rafa karena kami telah bekerja sangat keras," tutur Federer.

Keberhasilan menjuarai Australia Terbuka 2017 membuat Roger Federer naik ke ranking 10 dunia pada pekan depan. Sementara itu, Rafael Nadal melesat ke ranking enam ATP.

Video Populer

Foto Populer