Sukses


Bekuk PB Djarum, Musica Kampiun Superliga Badminton 2017

Bola.com, Surabaya - Tim putra Musica Champions meraih gelar Djarum Superliga Badminton untuk kali keempat. Kepastian itu didapatkan setelah pada final, Minggu (26/2/2017) di DBL Arena, Surabaya, Musica mengandaskan perlawanan PB Djarum dengan skor 3-2.

Kemenangan Musica dibuka oleh tunggal pertama, Chou Tien Chien. Pebulutangkis asal Taiwan itu dinyatakan menang karena lawannya Son Ho Wan mundur saat skor masih 14-13 untuk keunggulan Chou.

Tunggal pertama PB Djarum itu tidak bisa melanjutkan pertandingan lantaran mengalami cedera. Namun, kemenangan itu tak membuat PD Jarum menyerah. Mereka tetap memberikan perlawanan sengit pada dua partai berikutnya.

Musica sempat tertinggal 1-2 karena kalah pada dua partai selanjutnya. Kekalahan itu diderita oleh pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang takluk 18-21, 17-21 dari ganda PB Djarum, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Hasil buruk berikutnya dialami Jonatan Christie. Bertemu Ihsan Maulana Mustofa, pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu tumbang dengan dua gim langsung 15-21, 14-21. Beruntung, Musica bangkit pada dua partai terakhir.

Diawali dari kemenangan ganda kedua Musica, Kim Sa-rang/Lee Yong-dae atas Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol, 21-16, 21-19, Musica kembali mendapatkan momentum. Kemenangan Musica akhirnya ditentukan pada partai pamungkas antara Anthony Sinisuka Ginting (Musica) lawan Shesar Hiren Rustavito (PB Djarum).

Pada laga terakhir ini, peraih medali perunggu di Youth Olympic Games 2014 itu menunjukkan kelasnya. Meski sempat memberikan perlawan di gim pertama, Anthony menghentikan perlawan Shesar dengan skor 23-21, 21-10.

Tim putra Musica Champions menjuarai Djarum Superliga Badminton 2017 setelah pada final menekuk PB Djarum 3-2, (26/2/2017). (Bola.com/Fahrizal Arnas)

Berkat kemenangan ini, Musica tak hanya berhasil meraih gelar untuk kali keempat. Mereka juga mencatat sejarah baru dengan menjadi satu-satunya tim yang meraih gelar terbanyak sepanjang dDjarum Superliga Badminton yang digelar sejak 2007.

Manajer Musica, Effendy Wijaya, mengatakan kunci kemenangan timnya berbau keberuntungan. Dia menilai Musica mendapat hadiah kemenangan pada tunggal pertama. Bisa disebut hadiah karena di atas kertas tunggal pertama PB Djarum lebih unggul dibanding tunggal pertama Musica.

Namun, Musica juga tak menyangka Jonatan Christie kalah dari Ihsan Maulana pada tunggal kedua. “Dari hitungan kami, partai satu dan dua kami kalah, partai ketiga dan keempat milik kami. Tapi karena Jojo kalah, kami harus kerja keras di dua partai terakhir,” terangnya.

“Ihsan mainnya sedang bagus. Saya akui, dia bermain lebih baik dan jarang membuat kesalahan sendiri. Sementara saya sering mati sendiri dan kasih umpan ke dia,” tutur Jonatan.

Tim Musica pun sangat bersyukur bisa memenangi gelar di ajang Djarum Superliga Badminton. Lebih-lebih setelah mereka kehilangan Lee Chong Wei yang mengalami cedera sesaat setelah undian dilakukan dan Musica ditempatkan sebagai unggulan pertama. “Tanpa Lee, seharusnya kekuatan kami di bawah PB Djarum,” terang Effendy.

Hasil lengkap PB Djarum vs Musica Champoins

Son Wan Ho Vs Chou Tien Chen 13-14 (retired)
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo Vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 21-18, 21-17
Ihsan Maulana Mustofa Vs Jonatan Christie 21-15, 21-14
Shin Baek-cheol/Ko Sung-hyun Vs Kim Sa-rang/Lee Yong-dae 16-21, 19-21
Shesar Hiren Rustavito vs Anthony Sinisuka Ginting 21-23, 10-21

Video Populer

Foto Populer