Sukses

BWF Umumkan Format Baru Turnamen Bulutangkis Internasional

Bola.com, Kuala Lumpur - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara resmi memperkenalkan struktur baru turnamen bulutangkis internasional. Format anyar tersebut akan berlaku mulai 2018 hingga 2021.

Berdasarkan hasil rapat Dewan BWF di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/3/2017), turnamen bulutangkis internasional pada 2018-2021 terbagi atas enam level.

Level 1 menjadi tingkatan turnamen tertinggi. Hanya ada satu ajang yang masuk dalam level 1, yakni season finale atau turnamen penutup tahun. Ajang tersebut menyediakan hadiah terbesar, yaitu 1,5 juta dolar AS atau sekitar 20 miliar rupiah.

Berikutnya ada turnamen level 2 yang bakal digelar di tiga negara, yaitu China, Inggris, dan Indonesia. Turnamen level 2 akan menyediakan hadiah uang sebesar 1 juta dolar AS (Rp 13 miliar).

Kemudian ada lima negara yang akan menggelar turnamen level 3, yaitu China, Denmark, Prancis, Jepang, dan Malaysia. Hadiah uang turnamen level 3 adalah 700 ribu dolar AS (Rp 9,3 miliar).

Lalu BWF memilih Hong Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand untuk menggelar turnamen level 4. Ajang level 4 menyediakan hadiah sebesar 350 ribu dolar AS (Rp 4,6 miliar).

Turnamen level 5 menyediakan hadiah uang senilai 150 dolar AS (Rp 2 miliar). Ada 11 negara yang terpilih menggelar turnamen level 5, yaitu Australia, Taiwan, Jerman, India, Korea Selatan, Makau, Selandia Baru, Spanyol, Swiss, Thailand, dan AS.

Terakhir ada level 6 yang masuk kategori turnamen terbuka di mana seluruh negara anggota BWF bisa menggelar ajang ini dengan persetujuan BWF. BWF tak mengumumkan hadiah untuk level ini.

"Turnamen kami terus tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, baikkualitas maupun daya tariknya. Setiap tahun, kami selalu mengevaluasi kemajuan turnamen kami. Kami juga mencari cara agar turnamen kami bisa semakin maju," kata Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer, seperti dikutip dari bwfbadminton.com, Minggu (19/3/2017).

"Kami memutuskan inilah waktu yang tepat buat bulutangkis untuk melambung lebih tinggi lagi. Tujuan utama kami adalah menampilkan bulutangkis sebagai olahraga yang menarik dan punya daya saing serta menambah siaran televisi untuk meningkatkan kualitas dan popularitas para pemain top dunia," ujar Hoyer.

BWF lewat siaran persnya mengatakan perombakan struktur turnamen dilakukan untuk memperkuat brand awareness bulutangkis dengan cara meningkatkan eksposur melalui siaran televisi dan meningkatkan pendapatan komersial. Perubahan format ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas turnamen, memberikan keuntungan lebih besar buat tuan rumah, dan menambah hadiah uang untuk pemain.

Tur BWF dalam setahun total akan menggelar 37 turnamen. BWF selanjutnya akan menentukan nama dari setiap level turnamen dan memilih tuan rumah untuk ajang level 1 yang menjadi event penutup tahun.

Format Baru Turnamen Internasional BWF:

Level 1

Negara: Belum ditentukan
Total hadiah: 1,5 juta dolar AS (Rp 20 miliar)

Level 2

Negara: China, Inggris, dan Indonesia
Total hadiah: 1 juta dolar AS (Rp 13 miliar)

Level 3

Negara: China, Denmark, Prancis, Jepang, dan Malaysia
Total hadiah: 700 ribu dolar AS (Rp 9,3 miliar)

Level 4

Negara: Hong Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand
Total hadiah: 350 ribu dolar AS (Rp 4,6 miliar)

Level 5

Negara: Australia, Taiwan, Jerman, India, Korea Selatan, Makau, Selandia Baru, Spanyol, Swiss, Thailand, dan AS
Total hadiah: 150 dolar AS (Rp 2 miliar)

Level 6

Negara: Seluruh negara anggota BWF bisa menjadi tuan rumah lewat persetujuan BWF
Total hadiah: tak dijelaskan BWF

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer