Sukses


Menpora Ingin Jadikan Madiun Destinasi Wisata Pencak Silat

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berencana menjadikan Madiun sebagai destinasi wisata pencak silat dunia. Menurut Imam, Madiun punya sejarah panjang di dunia pencak silat.

"Indonesia memiliki keuunggulan yang tidak dimiliki oleh negara lain dalam cabang olahraga, khususnya olahraga tradisional. Sekarang, olahraga-olahraga itu telah menjadi prestasi dan diakui di tingkat dunia," kata Imam Nahrawi seperti dikutip situs Kemenpora, Senin (20/3/2017).

"Pencak silat adalah industri besar. Semua daerah memang punya, akan tetapi saya yakin Madiun layak menjadi kampung silat dunia karena memiliki sejarah panjang," ujar politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Pernyataan yang diungkapkan Imam Nahrawi tentu bukan tanpa alasan. Madiun sejauh ini memiliki 11 perguruan pencak silat yang masih eksis hingga sekarang.

Perguruan-perguruan pencak silat tersebut antara lain Persaudaraan Setia Hati Terate, Persuadaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo, Persaudaraan Setia Hati Tuhu Tekad, IKS Kera Sakti, Ki Ageng Pandan Alas, Tapak Suci, Pro Patria, Persinas ASAD, Merpati Putih, Pagar Nusa, dan Cempaka Putih.

"Kalau ini kita dorong bersama-sama Menteri Perindustrian sebagai industri baru, maka pencak silat akan menjadi bagian dari industri olahraga nasional," ucap Imam Nahrawi.

Video Populer

Foto Populer