Sukses


Tes Pramusim F2: Sean Gelael Tempati Posisi ke-9

Bola.com, Bahrain - Dua pebalap Pertamina Arden, Norman Nato dan Sean Gelael, menutup sesi latihan resmi kedua balapan F2 di Sirkuit Sakhir Bahrain, Jumat (31/3/2017), dengan hasil impresif. Keduanya menembus posisi sepuluh besar dengan menempati posisi kedelapan dan kesembilan.

Hasil ini mengulangi pencapaian sesi latihan pertama di Barcelona, Spanyol. Saat itu mereka juga menempati posisi 10 besar. Bahkan pada hari terakhir mereka bisa berada di peringkat satu dan tujuh. Perjuangan di Bahrain lebih terasa berat karena tim Pertamina Arden sempat tercecer di luar sepuluh besar pada sesi latihan hari pertama dan kedua.

Pada sesi latihan ketiga, Jumat, Nato membuat catatan waktu lap tercepat 1 menit 41,180 detik. Di sisi lain, Sean menorehkan waktu lap tercepat 1 menit 41,181 detik. Sean sebenarnya punya peluang mempertajam waktu, namun terhalang traffic mobil lain.

Persaingan tim sangat kompetitif karena selisih catatan waktu pebalap peringkat satu sampai 16 jaraknya tidak lebih dari satu detik. “Ya ini hasil yang cukup bagus,” kata Kepala Engineer Tim Pertamina Arden, Gaetan Jego, dalam rilis yang diterima Bola.com. 

Pebalap Belanda Nyck De Vries tampil sebagai yang tercepat dalam sesi latihan hari ketiga ini dengan catatan waktu 1 menit 40, 583 detik.

Sebelumnya pada sesi latihan hari kedua, Sean sempat mengalami kendala pada gearbox dan DRS mobilnya. Akibatnya, Sean tidak bisa meraih catatan waktu maksimal pada sesi latihan pagi ataupun sore. Pada sesi latihan pagi dengan simulasi qualifying run atau mencari catatan waktu terbaik, Sean menorehkan waktu tercepatnya satu menit 42,249 detik.

Sementara pada sesi latihan sore dengan simulasi race run atau latihan menjaga konsistensi balap dan degradasi ban, Sean mencatat waktu terbaik 1 menit 47,020 detik. Rekan satu tim Sean, Norman Nato, berada di posisi keenam setelah mencetak waktu tercepat 1 menit 40,909 detik seusai menjalani 38 putaran pada sesi pagi.

Sean mengalami masalah pada gearbox, dan hanya bisa memaksimalkan mobil pada gigi empat pada 10 putaran awal. Akibatnya, Sean kehilangan momen untuk mengejar waktu tercepat ketika temperatur trek sedang optimal, yaitu antara pukul 09.30 sampai 10.00. Saat mobil selesai diperbaiki, temperatur trek sudah tinggi sehingga tidak dapat waktu terbaik.

Setelah istirahat selama dua jam, sesi latihan petang dimulai. Namun, Sean kembali mendapatkan masalah pada DRS mobilnya yang tiba-tiba tak berfungsi. Pada sesi latihan ini, Sean melahap 42 putaran, sedangkan Nato menyelesaikan 33 putaran.

Uji coba hari kedua berlangsung dalam kondisi cuaca yang cerah sehingga para pebalap memilih menggunakan ban medium. Namun, di sesi uji coba siang hingga petang, beberapa tim sudah mencoba menggunakan ban tipe soft. Pada sesi latihan ini, Tim Pertamina Arden, lebih fokus pada simulasi balap dan latihan di pit stop.

Tim Pertamina Arden masih menyimpan dua set ban soft yang sengaja disiapkan untuk sesi latihan hari ketiga untuk mengejar waktu tercepat. Strategi ini hampir sama dengan sesi latihan di Barcelona, Spanyol, pada dua pekan lalu. Saat itu Nato tampil sebagai pebalap tercepat dan Sean Gelael menempati posisi ke-7.

 

Video Populer

Foto Populer