Sukses


Duel Elektrik Vs Popsivo Jadi Pembuka Final Four Proliga 2017

Bola.com, Solo - GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, akan menjadi tuan rumah babak final four putaran pertama kompetisi bola voli Proliga 2017, 7-9 April. Seluruh tim siap saling jegal demi membuka peluang lolos ke grand final dan meraih hadiah uang pembinaan sebesar 30 juta rupiah.

Duel antara tim juara putri dua tahun terakhir, Jakarta Elektrik PLN, dan Jakarta PGN Popsivo Polwan bakal menjadi laga pembuka babak final four di Solo, Jumat (7/4/2017). Meski berstatus sebagai juara bertahan dan dua kali menang atas Popsivo pada babak penyisihan, Elektrik enggan meremehkan sang lawan.

"Kami menargetkan juara lagi pada tahun ini agar bisa tiga kali berturut-turut. Namun, untuk mencapai itu tak mudah karena semua tim yang sudah lolos ke final four pasti siap tampil all-out. Hasil pada babak penyisihan tak bisa menjadi ukuran," kata manajer Jakarta Elektrik PLN, Heri Hermawan, dalam jumpa pers jelang laga di Hotel Novotel, Solo, Kamis (6/4/2017).

Di sisi lain, Popsivo mengklaim sudah siap menantang Elektrik. Dua kekalahan dari Elektrik pada babak penyisihan menjadi pelajaran bagi Amalia Fajrina dkk.

"Kami telah melakukan evaluasi dan menekankan kepada para pemain untuk melupakan kekalahan dari Elektrik pada babak penyisihan. Para pemain kami harapkan bisa tampil lebih baik pada final four ini," ujar pelatih Jakarta PGN Popsivo Polwan, Eko Waluyo.

Pertandingan lain di bagian putri mempertemukan pemuncak klasemen babak penyisihan, Jakarta Pertamina Energi, dengan peringkat keempat babak reguler, Gresik Petrokimia. Perbedaan peringkat tak membuat gengsi laga ini menurun karena Petrokimia terus memperlihatkan peningkatan performa.

"Kami tak akan menganggap remeh lawan. Semua tim yang sudah lolos ke final four mesti kami waspadai karena mereka pasti sudah melakukan persiapan maksimal," kata pelatih Jakarta Pertamina Energi, Risco Herlambang.

Pada bagian putra, juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator bakal bersua Jakarta Pertamina Energi pada laga pertama. Samator berjanji akan tampil maksimal agar peluang memenuhi target mempertahankan gelar juara tetap terjaga.

"Untuk jadi juara lagi, tak ada cara lain bagi kami kecuali memenangkan seluruh pertandingan," ujar asisten manajer Surabaya Bhayangkara Samator, Hadi Sampurno.

Sementara itu, pemuncak klasemen babak reguler, Palembang Bank SumselBabel, bakal menghadapi Jakarta BNI Taplus pada pertandingan pertama. Bank SumselBabel tak pernah kalah dalam dua pertemuan dengan BNI pada babak reguler. Meski demikian, mereka tetap mewaspadai sang lawan yang mengusung misi revans.

"Di final four ceritanya bisa lain. Makanya kami harus tampil all-out menghadapi tim manapun. Mereka yang masuk final four ini adalah tim pilihan. Semua tim sudah siap karena telah mengantongi kelebihan dan kekurangan calon lawan setelah dua kali bertemu pada babak reguler. Itulah alasan mengapa pertandingan final four sangat menarik," kata pelatih Palembang Bank SumselBabel, Samsul Jais.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, yakin seluruh laga di final four bakal berlangsung seru dan menarik. "Adanya peraturan baru di mana jumlah kemenangan menjadi prioritas dalam menentukan peringkat membuat seluruh tim akan mati-matian untuk meraih kemenangan," ujar Hanny, yang juga menjabat sebagai Ketua V Bidang Pertandingan dan Kompetisi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) itu.

Berdasarkan peraturan baru Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), dalam menyusun peringkat kompetisi jumlah kemenangan menjadi penentu utama. Misalnya tim A dan B memiliki poin tujuh dengan dua kemenangan, sedangkan tim C baru mengumpulkan nilai enam tapi sudah meraih tiga kemenangan, maka peringkat tim C lebih tinggi daripada tim A dan B.

Babak final four Proliga 2017 berlangsung dalam dua putaran. Putaran kedua akan digelar di Bandung, 14-16 April. Babak grand final bakal dihelat di Yogyakarta, 23 April.

Video Populer

Foto Populer