Sukses


FP1 GP China: Direcoki Hujan, Max Verstappen Catat Waktu Tercepat

Bola.com, Shanghai - Pebalap Red Bull, Max Verstappen, menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama (FP1) F1 GP China di Shanghai yang berakhir lebih awal karena cuaca buruk, Jumat (7/4/2017).

Awal FP1 berlangsung dalam kondisi trek basah karena hujan. Pebalap yang tetap menjajal lintasan kompak menggunakan ban basah. Namun, sesi terpaksa dihentikan sementara saat baru berjalan lima menit dan para pebalap baru melakukan installation lap.

Bendera merah keluar karena helikopter medis tak bisa mengudara. Awan rendah membuat visibilitas buruk sehingga helikopter medis tak akan bisa mendarat di rumah sakit di pusat kota Shanghai.

Setelah tertunda selama hampir 30 menit, FP1 kembali dilanjutkan. Trek yang sudah mengering sebagian membuat mayoritas pebalap mengganti ban basah menjadi ban intermediet. Hanya beberapa pebalap yang tetap memakai ban basah, terutama mereka yang belum menjajal lintasan sebelum bendera merah keluar.

Kesempatan ini dimanfaatkan pebalap untuk mencatat waktu. Verstappen mampu menorehkan waktu putaran tercepat dengan 1 menit 50,491 detik. Pebalap Williams, Felipe Massa, berada di posisi kedua, berselisih 1,595 detik dengan Verstappen.

Periode ini juga diwarnai beberapa insiden. Duo Haas, Kevin Magnussen dan Romain Grosjean, serta Massa melintir di tikungan sembilan. Carlos Sainz (Toro Rosso) juga mengalami hal yang sama di hairpin.

Insiden terparah melibatkan pebalap Renault, Nico Hulkenberg. Dia melintir di tikungan tiga hingga keluar lintasan dan terjebak di gravel.

Saat belum semua pebalap mencatat waktu, hujan kembali mengguyur sirkuit. Bendera merah kembali muncul karena helikopter lagi-lagi tak bisa terbang. FP1 satu pun dihentikan lebih awal dari jadwal.

Saat FP1 dihentikan dan Max Verstappen menjadi yang tercepat, total baru 14 pebalap yang membuat catatan waktu dan paling banyak cuma melahap delapan lap. Ada enam pebalap yang belum mencatat waktu, termasuk duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, serta Lewis Hamilton (Mercedes). Sesi latihan bebas kedua (FP2) F1 GP China akan digelar hari ini juga pada pukul 13.00-14.30 WIB.

Hasil Lengkap FP1 F1 GP China:

1. Max Verstappen (Red Bull) 1 menit 50,491 detik (intermediet)
2. Felipe Massa (Williams) +1,595 detik (intermediet)
3. Lance Stroll (Williams) +2,016 (intermediet)
4. Carlos Sainz (Toro Rosso) +2,349 (intermediet)
5. Romain Grosjean (Haas) +2,548 (intermediet)
6. Daniil Kvyat (Toro Rosso) +2,823 (intermediet)
7. Fernando Alonso (McLaren) +3,029 (intermediet)
8. Daniel Ricciardo (Red Bull) +3,547 (intermediet)
9. Valtteri Bottas (Mercedes) +4,173 (basah)
10. Kevin Magnussen (Haas) +4,613 (intermediet)
11. Nico Hulkenberg (Renault) +5,117 (intermediet)
12. Stoffel Vandoorne (McLaren) +6,954 (basah)
13. Marcus Ericsson (Sauber) +24,747 (intermediet)
14. Antonio Giovinazzi (Sauber) +24,790 (intermediet)
Jolyon Palmer (Renault) – Tanpa waktu
Sebastian Vettel (Ferrari) – Tanpa waktu
Kimi Raikkonen (Ferrari) – Tanpa waktu
Esteban Ocon (Force India) – Tanpa waktu
Sergio Perez (Force India) – Tanpa waktu
Lewis Hamilton (Mercedes) – Tanpa waktu

Video Populer

Foto Populer