Sukses


PBSI Umumkan Skuat Inti Piala Sudirman 2017 pada 5 Mei

Bola.com, Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) akan mengumumkan nama-nama pebulutangkis yang masuk skuat inti tim Merah-Putih untuk Piala Sudirman 2017 pada pekan ini.

"Kami akan merilis daftar pemain pada 5 Mei karena tanggal itu merupakan batas terakhir penyerahan nama ke Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Setiap negara berhak mendaftarkan 20 pemain dengan perincian 10 putra dan 10 putri. Komposisinya tergantung kebutuhan masing-masing tim," kata Susy kepada Bola.com, Selasa (2/5/2017) sore.

Susy mengatakan saat ini PBSI sudah mengantongi nama-nama pebulutangkis yang diproyeksikan masuk skuat inti. Dari daftar tersebut, PBSI akan memilih pemain yang akan tampil di Piala Sudirman berdasarkan beberapa kriteria, termasuk hasil pada Kejuaraan Asia Bulutangkis 2017 di Wuhan, China, 25-30 April.

"Nominee pemain untuk Piala Sudirman sebenarnya sudah ada. Kami akan memilih yang terbaik berdasarkan kondisi terkini, fisik, mental, teknik, prestasi, keberanian, dan rekor pertemuan dengan calon lawan. Head-to-head itu penting untuk keperluan strategi karena mungkin ada pemain yang tak menyukai tipikal permainan lawan tertentu. Sementara itu, keberanian diperlukan karena bermain untuk tim berbeda dengan kejuaraan individu," ujar Susy.

Susy mengatakan akan membuka sebesar-besarnya peluang kepada seluruh pemain untuk masuk tim inti, termasuk mereka yang kurang fit dan absen pada Kejuaraan Asia seperti Marcus Fernaldi Gideon (cedera punggung), Liliyana Natsir (cedera lutut), Anggia Shitta Awanda (cedera hamstring), serta Jonatan Christie (sakit).

"Proses pemulihan pemain yang kurang fit berjalan lancar. Kami akan memantau perkembangan mereka hingga menit-menit terakhir. Pemain yang paling siap yang akan berangkat. Mereka yang tak siap akan kami tinggalkan. Kami hanya ingin membawa tim terbaik. Peringkat bagus juga tak menjamin masuk tim kalau tak siap. Soalnya Piala Sudirman ini bukan pertandingan biasa, tapi kejuaraan bergengsi yang masuk prioritas PBSI pada 2017," tutur Susy.

Piala Sudirman 2017 akan berlangsung di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei. Indonesia menjadi unggulan keenam dan tergabung di Grup 1D bersama Denmark serta India.

Pada Piala Sudirman 2015, laju Indonesia terhenti di semifinal setelah dikalahkan China dengan skor 1-3. Lalu, apa target PBSI pada tahun ini?

"Buat saya targetnya jangan muluk-muluk pasti juara. Melihat ranking dan prestasi pemain per sektor pada tahun ini, target realistis Indonesia pada Piala Sudirman 2017 adalah masuk semifinal. Namun, yang utama adalah lolos grup lebih dahulu. Kekuatan Indonesia ada di dua sektor andalan, yaitu ganda putra dan ganda campuran. Mudah-mudahan pada sisa waktu ini kami bisa memaksimalkan satu sektor lagi, baik itu tunggal putra, tunggal putri, atau ganda putri, agar bisa menyumbangkan poin," kata Susy.

Video Populer

Foto Populer