Sukses


Pepanah Ika Yuliana Berbagi Pengalaman Nikmati Ramadan di Turki

Bola.com, Jakarta - Pepanah andalan Indonesia, Ika Yuliana Rochmawati, punya pengalaman berharga saat menikmati atmosfer puasa Ramadan di Turki pada 2016. Meskipun saat itu durasi puasa di sana lebih lama dibanding di Tanah Air, Ika mengaku bisa menjalankan ibadah dengan lancar.  

Pengalaman tersebut dirasakan Ika pada Juni 2016 saat bertanding pada Kejuaraan Dunia Panahan di Antalya, Turki, yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan. 

Ika yang mewakili tim nasional panahan Indonesia memilih untuk tidak berpuasa. Tetapi, setelah kejuaraan berakhir dia mencoba berpuasa di Turki yang durasinya hampir 16 jam.

"Kalau kejuarannya berlangsung pada bulan Ramadan, saya biasanya tidak berpuasa. Hal itu saya lakukan supaya kondisi tidak menurun ketika bertanding," kata Ika kepada Bola.com, Minggu (28/5/2017).

"Tapi, setelah kejuaraan berakhir, saya biasanya langsung puasa. Seperti tahun lalu di Turki, saya mencoba puasa dengan waktu yang cukup lama. Awalnya agak ragu, cuma bisa juga karena cuaca di sana cukup adem," kenang pepanah 27 tahun tersebut.

Hal berbeda justru dilakukan Ika Yuliana Rochmawati ketika bertanding di Olimpiade London 2012 yang juga bertepatan dengan Ramadan. Ika memutuskan tidak berpuasa meski Olimpiade sudah berakhir.

"Kalau yang di London, saya tidak puasa dari awal sampai pulang lagi ke Indonesia. Jadi, pengalaman satu-satunya puasa saat habis bertanding ya di Turki itu," ujar Ika Yuliana Rochmawati.

Video Populer

Foto Populer