Sukses


4 Tips Pepanah Ika Yuliana Supaya Tetap Bugar saat Ramadan

Bola.com, Jakarta - Pepanah, Ika Yuliana Rochmawati, punya trik khusus agar kondisi tubuh tetap bugar dan bisa berlatih seperti biasa saat berpuasa di bulan Ramadan. Salah satu tips dari Ika adalah menjaga pola makan selama Ramadan.

"Supaya badan tetap bugar saat latihan sambil puasa ya biasanya mengatur pola makan. Saya sih biasanya tiga kali makan yakni sahur, berbuka, dan sehabis Tarawih," kata Ika Yuliana kepada Bola.com, Minggu (28/5/2017).

Selain menjaga pola makan, Ika juga lebih banyak mengonsumsi air putih. Hal itu dilakukannya agar tubuh tak dehidrasi meski latihan dalam cuaca panas. Dua tips lainnya adalah makan buah serta mengonsumsi suplemen tambahan. 

"Jangan lupa mengatur pola minum, artinya banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka. Makan buah dan makanan lain yang berserat supaya tidak dehidrasi. Kami juga biasanya mendapatkan suplemen tambahan dari KONI," ucap Ika.

Untuk puasa tahun ini, Ika menilai porsi dan sesi latihan yang akan dilakukannya masih sama seperti sebelum-sebelumnya. Meski begitu, Ika tak khawatir latihannya akan terganggu oleh ibadah yang sedang dilakukannya.

"Kalau untuk puasa tahun ini jadwal latihan belum tahu. Besok (Senin 29 Mei 2017) baru kembali ke pelatnas karena kami diberi libur pada hari pertama dan kedua puasa. Biasanya sih latihan pagi normal mulai jam 07.00 sampai 11.00 lalu pulang istirahat," urai Ika. 

"Pastinya masih sama seperti biasa. Saya juga yakin puasa tidak akan mengganggu sesi latihan. Bedanya mungkin tidak boleh minum dan agak haus saja kali ya," ucap Ika Yuliana Rochmawati sembari tertawa.

Video Populer

Foto Populer