Sukses


    10 Fakta Menarik Seputar SEA Games

    Bola.com, Jakarta - Berawal dari ide sederhana Wakil Presiden Olimpiade Thailand, Sukhum Nayapradit, yang menginginkan wadah agar negara di Asia Tenggara bisa saling membantu mempromosikan kerja sama dan mengeratkan hubungan satu sama lain, ajang multievent bertajuk Southeast Asian Peninsula resmi digelar pada 1959. 

    Event yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada 12-17 Desember 1959 ini merupakan cikal bakal dari pesta olahraga dua tahunan antarnegara Asia Tenggara yang saat ini lebih dikenal dengan nama SEA Games.

    Pada awal penyelenaggaraan, SEA Games hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga yakni tinju, angkat besi, atletik, bersepeda, voli, basket, bulutangkis, menembak, olahraga air, sepak bola, tenis meja, dan tenis.

    Indonesia masih menyandang status sebagai negara tersukses pada ajang SEA Games. Sejak pertama kali berpartisipasi pada 1977, Tim Merah Putih sudah 10 kali menjadi juara umum.

    Serba-Serbi SEA Games 2017 (Bola.com/Adreanus Titus)

     

    Namun, terdapat fakta menarik dari keberhasilan Indonesia menjadi juara umum terbanyak SEA Games. Tim Merah Putih baru mengikuti event dua tahunan tersebut pada 1977 dan langsung keluar sebagai juara umum.

    Indonesia langsung meraih 62 medali emas pada 1977. Sejak itu, Tim Merah Putih benar-benar tak terbendung. Indonesia kembali juara pada 1979, 1981, 1983, kemudian berlanjut pada 1987, 1989, 1991, dan 1993.

    Selain tentang keberhasilan Indonesia menjadi juara umum pada 1977, Bola.com menyajikan sembilan fakta menarik lainnya tentang multievent antarnegara Asia Tenggara bertajuk SEA Games tersebut.

     

     

     

    2 dari 4 halaman

    Inilah 10 Fakta Menarik SEA Games

    1. Tuan Rumah Terbanyak 

    Meski memegang predikat sebagai peraih juara umum terbanyak sepanjang sejarah, Indonesia masih kalah dari Thailand dan Malaysia soal menjadi tuan rumah SEA Games. Indonesia baru empat kali menjadi tuan rumah sementara Thailand sudah enam kali dan Malaysia bakal menggelar SEA Games untuk ketujuh kali pada tahun ini.

    2. SEA Games di Dua Kota

    Sepanjang sejarah penyelenggaraannya, hanya Indonesia dan Vietnam yang pernah melangsungkan SEA Games di dua kota sekaligus. Vietnam pernah memakai kota Ho Chi Minh dan Hanoi sebagai tuan rumah pada 2003, sementara Indonesia pernah melangsungkan SEA Games di Jakarta dan Palembang pada 2011.

    3. Timor Leste dan Kamboja 

    Timor Lesta dan Kamboja belum pernah menjadi tuan rumah SEA Games sejak pertama kali bergulir pada 1959. Namun, Kamboja sudah memastikan diri bakal menjadi tuan rumah pada 2021, sementara Timor Leste masih belum mendapat kesempatan untuk menggelar SEA Games di negaranya.

    3 dari 4 halaman

    Negara Pecahan dan Serba 11

    4 dari 4 halaman

    Medali Terbanyak dan Peserta Termuda

    4. Dua Negara Pecahan 

    Singapura dan Malaysia sebelumnya merupakan satu federasi sebelum memutuskan berpisah pada 9 Agustus 1965. Singapura mengumumkan kemerdekaan dan hingga saat ini berdiri sebagai satu negara pada ajang SEA Games.

    Hal yang sama terjadi pada Timor Leste yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia. Pada 2002, Timor Leste mengumumkan kemerdekaan dan tak lagi menjadi bagian dari Indonesia.

    5. Serba 11 di SEA Games ke-26

    SEA Games ke-26 yang berlangsung di Indonesia pada 2011 menyimpan keunikan tersendiri. Pesta olahraga dua tahunan tersebut resmi digelar para 11 November 2011 selama 11 hari dan diikuti 11 negara.

    6. Kamboja Pernah Gagal 

    Konflik politik dalam negeri pada 1965 membuat Kamboja gagal menyelenggarakan SEA Games edisi ketiga. Hak untuk menjadi tuan rumah kemudian diambil alih Malaysia dan hingga saat ini Kamboja belum sekalipun menjadi tuan rumah SEA Games.

    7. Medali Terbanyak

    Indonesia boleh berbangga mendapat predikat sebagai juara umum tebanyak, tapi Tim Merah Putih masih kalah dari Thailand soal raihan medali di SEA Games. Total Negeri Gajah Putih berhasil menyabet 2.089 emas, 1.736 perak, dan 1.736 perunggu.

    8. Pernah Diikuti 4 Negara

    SEA Games kedelapan pada 1975 menjadi pesta olahraga dengan jumlah peserta paling sedikit. Hanya empat negara yang memutuskan berpartisipasi setelah Vietnam Selatan, Kamboja, dan Laos tak bisa tampil karena permasalahan internal.

    9. Peserta Termuda

    Setelah memutuskan berpisah dari Indonesia pada 2002, Timor Leste menjadi negara termuda yang berpartisipasi di SEA Games. Negara yang dulunya bernama Timor-Timor itu memulai debutnya pada SEA Games ke-22 di Vietnam.

    Video Populer

    Foto Populer