Sukses


    Jelang SEA Games, 2 Pelatih Tim Bulutangkis Singapura Mundur

    Bola.com, Jakarta Dua pelatih tim bulutangkis Singapura, Chua Yong Joo dan Fu Mingtian, mengajukan pengunduran diri, kurang dari sebulan sebelum perhelatan SEA Games 2017. Meski telah meminta mundur, keduanya baru efektif meninggalkan tugasnya setelah SEA Games, yang berlangsung pada 19-30 Agustus.

    Seperti dilansir The Straits Times, Jumat (21/7/2017), pelatih kepala Chua Yong Joo telah mengajukan pengunduran diri pada pekan lalu. Adapun Fu Mingtian telah mengungkapkan keinginannya untuk mundur pada akhir bulan lalu.

    Namun, sesuai kesepakatan, mereka baru mundur setelah masa pemberitahuan berakhir. Dengan demikian, kedua pelatih tetap berangkat ke Kuala Lumpur bersama skuat bulutangkis Singapura.

    Chua, 38 tahun, mengatakan mundur karena ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan dua anaknya. Selama hampir 17 tahun, dia benar-benar mendedikasikan waktunya untuk tim nasional bulutangkis Singapura.

    Sejak membesut timnas bulutangkis Singapura, Chua harus bepergian rata-rata 10 sampai 12 kali dalam setahun. Kegiatan tersebut diklaimnya makin sulit dijalani karena sang putra yang kini berusia delapan tahun selalu menangis saat melihatnya bepergian.

    "Pekerjaan ini membuat saya sering jauh dari keluarga. Saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak saya saat mereka tumbuh," kata Chua.

    "Tentu saja, traveling menjadi bagian dari sebuah pekerjaan. Tapi, saya telah sampai pada suatu tahap untuk mempertimbangkan keluarga saya dengan baik," sambung dia.

    Sementara itu, Fu Mingtian bakal kembali ke China untuk menikah. Saat ini dia telah bertunangan dengan mantan pebulutangkis yang pernah memperkuat tim Xiamen.

    "Saya menjalin banyak pertemanan yang akrab selama bertahun-tahun di sini. Saya jelas bakal sering kembali. Singapura bakal selalu punya tempat di hati saya," kata dia.

    Pengunduran diri dua pelatih jelas SEA Games 2017 jelas memunculkan kekhawatiran. Namun, Sekretaris Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA), Michael Foo, berharap persiapan tim tak terganggu kabar tersebut.

    "Persiapan pemain untuk pertandingan besar sudah dimulai sejak lama. Bahkan, sekarang kami telah mulai memikirkan Commonwealth Games tahun depan," ujar Foo, tentang persiapan menghadapi SEA Games 2017

    Video Populer

    Foto Populer