Sukses


Pelatih Timnas Voli Indonesia Ungkap Kunci Kemenangan atas Qatar

Bola.com, Gresik - Timnas voli Indonesia membuat kejutan pada laga terakhir babak penyisihan Grup A Kejuaraan Asia Voli 2017 dengan menumbangkan tim kuat Qatar 3-2, di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (26/7/2017). 

Sempat tertinggal 0-2 setelah kalah pada dua set awal, perjuangan tak kenal lelah Indonesia membuahkan hasil. Di luar dugaan, Agung Seganti dkk. mampu membalikkan skor menjadi 3-2 setelah menang pada tiga set terakhir. 

Samsul Jais mengatakan kunci kemenangan timnya adalah kondisi fisik prima para pemain, serta kemampuan menjaga konsentrasi hingga set kelima. "Fisik pemain kami jauh lebih bagus daripada Qatar. Jadi, ketika fisik pemain Qatar sudah menurun pada set ketiga, kami mengambil inisiatif untuk bermain lebih garang. Benar saja, mereka akhirnya kewalahan," tutur Jais setelah pertandingan.

Konsentrasi pemain Indonesia juga tetap terjaga meski bermain dalam durasi lama. Pada saat yang sama, permainan Indonesia juga berkembang pesat. Instruksi serta taktik yang diterapkan pelatih Indonesia berjalan maksimal pada tiga set terakhir. 

"Di sini mental pemain juga berperan besar. Menghadapi lawan dengan postur badan yang jauh lebih tinggi itu tidak mudah. Jika tidak kuat, kami pasti sulit menghindari kekalahan," tutur Jais.   

Di sisi lain, perubahan taktik yang dilakukan Jais membuat Qatar kesulitan. Jika dalam dua set sebelumnya blocker tengah Qatar cukup rapat dalam menutup spike yang dilancarkan pemain Indonesia, Jais menginstruksikan Aji Maulana untuk mengecoh pemain andalan tim lawan, Diagne Papemaguette. 

Cara tersebut ternyata berhasil. Pemain berpostur badan lebih dari 2 meter itu kerap gagal mengantisipasi serangan yang dilakukan Timnas Merah Putih. Indonesia semakin perkasa setelah Pape ditarik keluar. "Kami punya sistem permainan yang bagus, anak-anak juga menjalankan instruksi dengan benar. Selama keduanya jalan, performa kami pasti bagus," ungkap Jais.

Kemenangan pada tiga set terakhir berhasil mengantarkan Timnas Indonesia melaju ke babak delapan besar Kejuaraan Asia Voli 2017

Video Populer

Foto Populer