Sukses


    VIDEO: Target Siman Sudartawa Tak Hanya untuk SEA Games 2017

    Bola.com, Jakarta - Di dunia renang, namanya sudah dikenal sebagai andalan Indonesia untuk ajang internasional baik di single atau pun multievent. Ia adalah I Gede Siman Sudartawa yang sudah beberapa kali mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games.

    Siman Sudartawa sangat cemerlang saat tampil pertama kali di SEA Games pada 2011. Kala itu Siman, yang masih berusia 17 tahun, meraih empat medali emas. Empat medali emas itu diraih untuk gaya punggung nomor 50 meter, 100 meter, 200 meter, dan 4 x 100 meter. Keberhasilannya di SEA Games 2011 itu menjadi awal yang sangat baik.

    Ketika bertanding di SEA Games 2013 yang digelar di Myanmar dua tahun kemudian, Siman berhasil mengumandangkan Indonesia Raya di Myanmar. Saat itu Siman berhasil mempersembahkan dua medali, masing-masing satu emas dari 50 meter gaya punggung dan satu perak untuk nomor 100 meter. Saat itu untuk pertama kalinya Siman merasakan bagaimana merinding dirinya ketika mendengarkan Indonesia Raya berkumandang.

    "Bangga sekali rasanya karena tidak semua atlet di Indonesia bisa mewakili negara ini untuk ajang multi-event seperti SEA Games. Bisa mewakili Indonesia di SEA Games saja harus mati-matian, apalagi bisa mendapatkan medali emas. Lagu Indonesia Raya pun berkumandang di negara orang, dan itu rasanya sangat luar  biasa membanggakan," kisah Siman Sudartawa kepada Bola.com.

    Sayang, Siman harus melepaskan medali emas ketika tampil di SEA Games 2015 yang digelar di Singapura. Atlet renang asal Bali itu hanya meraih dua medali perak di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung. Siman kalah saing dengan perenang tuan rumah, Quah Zheng Wen.Lepasnya medali emas SEA GAmes 2015 dari genggamannya membuat Siman Sudartawa memiliki tekad yang begitu besar untuk merebut kembali medali emas di Kuala Lumpur saat SEA Games 2017.

    "Targetnya saat ini adalah merebut kembali medali emas itu," ujarnya.Meski punya pengalaman turun di nomor 200 meter gaya punggung, yang sebenarnya masuk ke dalam renang jarak menengah, Siman menegaskan dirinya kali ini hanya akan fokus di nomor jarak pendek. Menurutnya, bersiap untuk renang jarak pendek membuat persiapan yang dilakukannya menjadi lebih fokus.

    "Bicara soal persiapan khusus untuk SEA Games 2017, saya hanya fokus untuk 50 meter dan 10 meter, jadi saya murni di sprint. Fokus latihan pun lebih banyak di sprint. Hal ini tidak hanya untuk SEA Games, tapi juga untuk Asian Games 2018 di mana saya ditargetkan meraih medali untuk nomor 50 meter gaya punggung," kisahnya.

    Video Populer

    Foto Populer