Sukses


VIDEO: Kontes Binaraga Ala Buruh Genteng Jatiwangi Sambut HUT RI

Bola.com, Jakarta

Di bawah paparan teriknya sinar matahari di Pabrik Genteng Tenang Jaya, Desa Loji, Kecamatan Jatiwangi, Majalengka, Jumat (11/8/2017), puluhan binaragawan beradu gaya memamerkan kekekaran tubuh mereka. Lima juri dengan seksama memperhatikan satu demi satu binaragawan yang beraksi.

Setelah berpose, puluhan pria-pria berbadan kekar tersebut melakukan sesuatu yang tak lazim atau tak ditemui dalam kontes binaraga biasa. Mereka diminta unjuk kebolehan mengangkat genteng yang jumlahnya sesuai dengan kekuatan masing-masing binaragawan.

Aksi mengangkat genteng tersebut juga masuk penilaian lima  juri yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Bagi masyarakat biasa, lomba binaraga tersebut terasa nyeleneh. Tapi, tidak bagi penonton yang sudah rutin menyaksikan lomba di Jatiwangi tersebut.

Lomba binaraga nyentrik tersebut bertajuk Jatiwangi Cup 2017. Tahun ini, event tersebut sudah memasuki edisi ketiga. Perserta lomba juga bukan binaragawan biasanya. Semuanya merupakan kuli jebor alias pabrik genteng. Pada Jatiwangi Cup tahun ini, panitia mampu menjaring 70 peserta.

Mereka bersaing memperebutkan uang tunai senilai Rp 10 juta. Pencetus Jatiwangi Cup, Julian Abraham Togar, mengatakan lomba dipimpin lima juri yang berasal dari latar belakang berbeda-beda. Pemilihan latar belakang yang variatif ini bertujuan mendapatkan penilaian obyektif.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami tetap menghadirkan lima juri. Kali ini ada yang merupakan pegawai Dinas Perhubungan, Pamongpraja, seniman dari Swiss, juara tahun lalu, dan pemilik jebor Tenang Jaya,î ujar Julian.

Julian mengatakan ada lima poin penilaian pada lomba binaraga Jatiwangi Cup 2017, yaitu lekuk tubuh, kreativitas pose di panggung, keselarasan wajah dan bentuk tubuh, keberanian di panggung, dan kekuatan mengangkat genteng. Setelah melalui proses penilaian dari kelima juri, Oman dari Jebor Pasaka, Desa Cibogo, dinobatkan sebagai juara.

Oman berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp 2,5 juta dan piala bergilir Jatiwangi Cup.ìTidak menyangka bakal menang. Saya sudah tiga kali ikut, dari tahun pertama sampai sekarang. Alhamdulillah, saya bersyukur,î ujar Oman sambil memegang piala Jatiwangi Cup.Posisi kedua disabet Adi Suwandi dari Jebor Tenang Jaya dan peringkat ketiga ditempati Mulus dari jebor Buyung Mas.

Video Populer

Foto Populer