Sukses


Kabupaten Tangerang Ketagihan Gelar Balapan Jalan Raya

Bola.com, Tangerang - Penyelenggaraan BSD Grand Prix di Sirkuit Jalan Raya BSD, Minggu (20/8/2017), berlangsung sukses dan meriah. Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, menyatakan ingin menggelar event serupa tahun depan di lokasi yang sama.

Ada yang berbeda dari penyelenggaraan seri keempat Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISOM). Event yang seharusnya berlangsung di Sirkuit Sentul itu kini beralih ke Kabupaten Tangerang.

Keunikan lainnya adalah balapan pada edisi tersebut berlangsung di Sirkuit Jalan Raya di BSD City. Meski event berlangsung lancar, Zaki menilai pihaknya masih akan melakukan evaluasi agar ke depannya penyelenggaraan lebih baik lagi.

"Alhamdulillah salah satu event nasional bisa kami gelar di kabupaten Tangerang. Tentu saja, selepas ini kami akan mengevaluasi semuanya baik dari perencanaan program, pelaksanaan, sampai dengan selesai," kata Zaki kepada wartawan di BSD Tangerang, Minggu (20/8/2017).

"Mudah-mudahan bisa bertemu lagi tahun depan di sirkuit ini dan Kejurnas mungkin bisa ditambah dan disesuaikan dengan kondisi. Biarkan saja sirkuit permanennya di Sentul dan sirkuit jalan raya di Kabupaten Tangerang," ucap politisi asal Partai Golongan Karya itu.

Pembenahan yang ingin dilakukan Zaki untuk event BSD Grand Prix tahun depan adalah dari segi keselamatan. Zaki berpendapat faktor tersebut menjadi yang terpenting agar terciptanya balapan yang aman.

"Pertama yang menjadi perhatian kami adalah masalah keselamatan, baik itu keselamatan pebalap, penonton, dan masyarakat. Ada beberapa poin berupa pagar yang perlu ditambah agar penonton tidak terlalu dekat untuk menyelematkan mereka apabila terjadi insiden yang tidak diharapkan," ujar Zaki.

Sirkuit Jalan Raya BSD menggelar Seri keempat Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISOM), Minggu (20/8/2017). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Dengan rencana digelarnya BSD Grand Prix tahun depan, berarti menambah event sport otomotif di Kabupaten Tangerang. Zaki mengatakan daerahnya sudah memiliki sejumlah event berbentuk promosi wisata sport otomotif.

"Buat pemkab Tangerang, ini merupakan program promosi wisata sport otomotif. Sebelumnya, kami sudah menggelar berbagai event seperti Speed Offroad, beberapa Kejuaraan Daerah (kejurda) Dragbike, dan slalom test. Ini menjadi gairah tersendiri untuk wisata di daerah tangerang berupa olahraga otomotif," ungkap Ahmed Zaki Iskandar.

Sirkuit Jalan Raya BSD City memiliki panjang lintasan 3 km. Trek tersebut memiliki lebar 9,25 sampai 10,5 meter. Trek ini menyajikan trek lurus, chicane dan tikungan hairpin.

Video Populer

Foto Populer