Sukses

Pembukaan ASEAN Para Games Gelorakan Spirit Pantang Menyerah

Bola.com, Kuala Lumpur - Perhelatan ASEAN Para Games 2017 resmi dimulai, ditandai dengan upacara pembukaan yang berlangsung meriah di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (17/9/2017). 

Pesta pembukaan mengambil tema menggelorakan semangat pantang menyerah demi meraih cita-cita kepada seluruh atlet, ofisial, dan masyarakat. Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin Abu Bakar dalam pidatonya di hadapan atlet dan ofiasial yang hadir dalam pembukaan pesta olahraga dua tahunan negara-negara se-Asia Tenggara tersebut. 

"Tidak ada yang bisa menghalangi kita meraih cita-cita, termasuk keterbatasan fisik maupun intelektual. Jangan menyalahkan takdir, jangan terlarut dalam keputusasaan. Kita harus berjuang terus demi meraih keinginan-keinginan besar," ujar Khairy Jamaluddin Abu Bakar.

Khairy juga menegaskan atlet-atlet dengan disabilitas merupakan cerminan utuh bahwa setiap manusia bisa menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Para atlet tersebut, lanjut dia, menumbangkan segala ketidakmungkinan yang disematkan orang-orang picik kepada mereka.

"Mereka menunjukkan kepada orang-orang yang menganggap mereka tidak bisa menjadi atlet karena keterbatasan bahwa mereka bisa hadir di sini untuk berkompetisi dengan para olahragawan terbaik mewakili negaranya masing-masing," pungkas dia.

Adapun upacara pembukaan ASEAN Para Games IX/2017 disaksikan langsung lebih dari 2.000 penonton yang dibuka performa marching band dan atraksi bela diri oleh personel Tentara Diraja Malaysia. Kemudian, diperkenalkan pula maskot resmi ASEAN Para Games ke-9, Rimau, yang menggunakan korsi roda.

Kemudian dimulailah defile atlet dari 11 negara peserta. Setelah penampilan Brunei Darussalam dan Kamboja, muncullah kontingen Indonesia yang mengenakan seragam batik dan menggunakan blankon untuk para prianya.

Stadion Bukit Jalil pun bergemuruh menyambut kehadiran kontingen Merah-Putih ketika memasuki arena defile dengan atlet angkat berat asal Sumatra Utara Anto Boy didaulat untuk membawa bendera Merah-Putih.

Sambutan itu diharapkan mampu menyemangati para atlet untuk meraih pundi-pundi emas dengan target merebut kembali juara umum setelah pada edisi sebelumnya diambil Thailand dua tahun silam,

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan penyanyi ternama Malaysia Yunalis Zarai, diselingi cuplikan video-video inspiratif, disusul sambutan-sambutan dan ditutup dengan pembukaan ASEAN Para Games ke-9 secara resmi oleh Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Mohd Najib bin Tun Haji Abdul Razak. "Dalam nama Allah, dengan ini saya resmi membuka ASEAN Para Games ke-9," kata Najib Abdul Razak.

ASEAN Para Games 2017 berlangsung pada 17-23 September dan diikuti total 1.428 atlet yang berasal dari 11 negara di wilayah Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Kamboja, Singapura, Laos, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Timor Leste dan tuan rumah Malaysia.

 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer