Sukses

Skandal Doping dan Pemerkosaan Guncang Malaysia Setelah SEA Games

Bola.com, Kuala Lumpur - Wajah dunia olahraga Malaysia tercoreng setelah berjaya pada SEA Games 2017. Skandal pemerkosaan dan doping dikabarkan mengguncang tim nasional cabang akuatik disiplin loncat indah Negeri Jiran.

Situs New Straits Times dan The Star pada Selasa (3/10/2017) memberitakan polisi telah menangkap dan menahan seorang pelatih tim nasional akuatik Malaysia di Bukit Jalil, Senin (2/10/2017), atas dugaan melakukan tindak kriminal pemerkosaan.

Tersangka merupakan pria kelahiran China berusia 30 tahun dan pernah tampil di Olimpiade. Dia telah menjadi pelatih tim nasional akuatik Malaysia sejak 2012 dan ikut terlibat pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Dia ditangkap setelah korban melaporkan tindakan asusila tersebut ke polisi pada Minggu (1/10/2017).

Korban merupakan atlet loncat indah putri yang masuk tim nasional Malaysia untuk SEA Games 2017. Namun, dia hanya menjadi pelapis dan tak tampil pada SEA Games 2017.

Kepala Polisi Kota Datuk Amar Singh membenarkan pengangkapan tersebut. Namun, dia tak memberikan keterangan lebih lanjut apakah pemerkosaan itu terjadi saat SEA Games 2017 sedang berlangsung atau sesudahnya dengan alasan polisi masih melakukan investigasi.

Sementara itu, harapan Malaysia untuk mengulang pencapaian SEA Games 2015 di Singapura dengan tak ada atlet mereka yang tersandung kasus doping, menguap. Federasi SEA Games (SEAGF) mengumumkan bahwa ada tiga atlet yang gagal tes doping pada SEA Games 2017.

"Ada tiga sampel yang hasilnya positif mengandung zat terlarang. Saat ini kami belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena masih menunggu finalisasi laporan detail hasil tes," kata Chairman Komisi Medis SEA Games 2017, Datuk Dr S.S. Cheema.

The Star memberitakan, dari tiga atlet yang gagal tes doping, salah satunya berasal dari Malaysia. NST menambahkan atlet Malaysia tersebut merupakan atlet peraih medali emas cabang akuatik disiplin loncat indah. Sementara dua atlet lain berasal dari negara yang berbeda.

Malaysia menyapu bersih 13 medali emas cabang akuatik disiplin loncat indah pada SEA Games 2017. Atlet loncat indah Malaysia yang meraih medali emas pada SEA Games 2017 ialah Cheong Jun Hoong, Wendy Ng, Leong Mun Yee, Traisy Vivien Tukiet, Nur Dhabitah Sabri, Jasmine Lai, dan Pandelela Rinong.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer