Sukses


Kejuaraan Dunia Junior: Ganda Campuran Pastikan Raih Emas

Bola.com, Yogyakarta - Indonesia memastikan meraih satu medali emas pada Kejuaraan Dunia Junior 2017 setelah berhasil menciptakan all Indonesian final di sektor ganda campuran.

Pasangan Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari menjadi wakil Indonesia pertama yang merebut tiket final. Unggulan ke-11 itu melaju ke partai puncak setelah mengalahkan wakil China, Liu Shiwen/Li Wenmei, dengan skor 18-21, 21-16, 21-13 pada babak semifinal di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (21/10/2017).

"Kami sempat tegang pada gim pertama. Mungkin kami terbebani karena banyak penonton. Kami ingin memberikan yang terbaik, tapi malah jadi khawatir tak bisa tampil maksimal," kata Rinov setelah pertandingan seperti dikutip dari situs resmi PBSI.

"Kami saling meyakinkan pada gim kedua dan ketiga sehingga bisa kembali bersemangat," ujar Mentari.

Rinov/Mentari akan berhadapan dengan sang kompatriot Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti pada babak final, Minggu (22/10/2017). Unggulan ketiga itu juga melesat ke final setelah mendepak wakil China, Fan Qiuyue/Liu Xuanxuan.

Rehan/Fadia tampil meyakinkan dan meraih kemenangan dua gim langsung 21-15, 21-14. "Kami tadi tampil lepas, jadi permainan terbaiknya bisa keluar," kata Fadia.

"Saya mencoba tampil tanpa beban. Masalah menang atau kalah itu urusan belakangan, yang penting tampil maksimal dulu. Alhamdulillah kami bisa menang," ujar Rehan.

Pelatih ganda campuran Indonesia Nova Widianto mengatakan keberhasilan menciptakan all Indonesian final sudah melebihi target. Target awal sektor ganda campuran menurut Nova adalah meraih satu medali.

"Untuk final besok saya memilih tak berkomentar karena sama-sama Indonesia. Keduanya anak buah saya, jadi saya tak bisa memilih salah satu. Tipe permainan mereka berbeda, yang satu gemar menyerang sedangkan yang satu lagi kerap bermain aman. Tinggal dilihat besok seperti apa di lapangan. Tanpa memandang senior atau junior, besok faktor mental yang akan berbicara," kata Nova.

Khusus Rinov, dia juga berpeluang masuk final di nomor ganda putra Kejuaraan Dunia Junior 2017. Rinov yang berpasangan dengan Yeremia Erich Yacob Rambitan akan berjibaku melawan wakil China, Di Zijian/Wang Chang, pada babak semifinal.

Video Populer

Foto Populer