Sukses


Rival Cedera, Franco Morbidelli Kunci Gelar Juara Moto2 2017

Bola.com, Sepang - Pebalap asal Italia, Franco Morbidelli, menyegel gelar juara dunia Moto2 2017 jelang balapan Moto2 Malaysia, Minggu (29/10/2017). Morbidelli mengunci gelar tanpa perlu berjuang di lintasan karena sang rival, Thomas Luthi, mengalami cedera sehingga tak bisa ikut balapan di Sepang.

Luthi menderita retak pergelangan kaki kiri setelah mengalami kecelakaan hebat pada sesi kualifikasi, Sabtu (28/10/2017). Setelah insiden, akun Twitter resmi MotoGP sempat mengumumkan Luthi dinilai fit untuk ikut balapan.

Namun, menjelang sesi warm up, Minggu (29/10/2017), akun Twitter resmi MotoGP mengumumkan Luthi dianggap tak fit ikut balapan. Absennya Luthi dari balapan Moto2 Malaysia memastikan mahkota juara dunia Moto2 2017 menjadi milik Morbidelli.

Kepastian menjadi juara dunia membuat Morbidelli tampak rileks menjalani sesi warm up. Pebalap Vr46 Riders Academy itu bahkan terlihat mendapat ucapan selamat dari sang bos, Valentino Rossi, saat melintasi pit lane. Rossi pantas merasa bangga karena Morbidelli menjadi anggota VR46 Riders Academy pertama yang menjadi juara dunia.

Morbidelli datang ke Sepang dengan keunggulan 29 poin atas Luthi. Pebalap berusia 22 tahun itu hanya perlu finis di depan Luthi untuk merebut titel. Peluang Morbidelli memang sangat besar karena dia start dari pole position, sedangkan Luthi sedianya akan memulai lomba dari posisi kelima.

Morbidelli akan promosi ke kelas MotoGP pada musim 2018. Dia bakal berduet dengan Luthi di tim Marc VDS Honda.

Cedera retak pergelangan kaki kiri tak hanya membuat Luthi mesti merelakan gelar Moto2 2017 menjadi milik Franco Morbidelli tanpa perlawanan. Luthi juga terancam gagal debut menggeber motor MotoGP pada tes setelah seri terakhir di Valencia dua pekan lagi.

 

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik Morbidelli

1. Franco Morbidelli menjadi pebalap Italia pertama yang merebut titel Moto2. Dia juga merupakan pebalap Italia pertama yang merebut gelar juara kelas menengah (250cc/Moto2) sejak Marco Simoncelli pada 2008.

2. Franco Morbidelli memberikan gelar ke-23 untuk Italia di kelas menengah kejuaraan dunia balap motor grand prix.

3. Franco Morbidelli menjadi juara dunia kelas menengah pertama yang tak promosi dari kelas 125cc/Moto3 sejak Hiroshi Aoyama pada 2009.

Video Populer

Foto Populer