Sukses


Pelatih Garuda Bandung Tak Mau Terbebani Target Juara IBL

Bola.com, Bandung - Tim BJB Garuda Bandung melakukan perombakan skuat hingga 40 persen sebagai persiapan mengarungi kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2017-2018. Dengan perombakan itu, plus persiapan selama tiga bulan, Garuda Bandung berharap bisa mencapai target juara IBL musim ini.

Pelatih Garuda Bandung, Andre Yuwadi, menyebutkan persiapan anak asuhnya untuk musim ini jauh lebih lama dibanding musim lalu.

"Tapi, yang perlu diingat musim ini hampir 40 persen kami mengubah skuat. Jadi, kami butuh waktu lagi untuk bisa membangun chemistry lebih bagus lagi," ujar Andre seusai launching tim Garuda Bandung, Senin (4/12/2017), di Dakken Cafe, Hotel Setiabudi, Bandung.

Andre menambahkan saat ini persiapan Garuda Bandung untuk menghadapi IBL 2017-2018 sudah mencapai 70-80 persen. Namun, untuk pemain asing, baru gabung satu pekan. Dua pemain asing itu, yakni Roderick Flemings dan Devin Matthews.

"Perlu saya sampaikan pemain asing kami baru gabung satu minggu dan itu sedikit menghambat, tapi bukan jadi alasan bagi saya karena saya pikir Flemings sudah memiliki jam terbang dan berpengalaman tinggi, jadi dia cepat adaptasi," jelas Andre.

Andre menjelaskan pemain impor yang dimiliki Garuda Bandung saat ini, Matthews berposisi sebagai point guard. Andre mengaku bisa saja mengambil point guard lokal, namun secara jam terbang dan pengalaman belum maksimal.

"Karena itu kami berinisiatif mengambil point guard asing dari Central Washington University, Nevada, Las Vegas. Sedang Flemings merupakan big man yang atletis, dia bisa bermain untuk posisi 3, 4, dan 5. Saya butuh itu karena dia sangat agresif dan bisa membuat poin. Jadi itu yang menjadi dasar kenapa kami memilih dua pemain itu. Flemings dari Hawaii University, dia aslinya dari Dallas, Texas," tutur Andre.

Peta Persaingan

Sementara terkait peta persaingan di IBL 2017-2018, Andre mengaku kekuatan IBL musim ini lebih merata sehingga cukup sulit untuk diprediksi. "Jadi, lawan siapa pun nanti, kami harus fokus," tegasnya.

Terkait target menjuarai kompetisi musim ini, Andre berujar sebagai pelatih, beban pasti ada, tetapi dihadapi dengan profesional.

"Kami mau jadi yang terbaik dan harus juara. Kalau kami masuk final, tapi tidak juara ya tetap kalah. Jadi beban itu harus kamj terima dan dijalani prosesnya dengan baik secara bersama-sama," ucap Andre yang merupakan pelatih termuda di IBL ini.

Manajemen dan Skuat Garuda Bandung 2017-2018

Ofisial

Sunanto Then (manajer), Andre Yuwandi (pelatih), Andri Syarel Octranes (asisten pelatih), Felix Ari Bayu Marta (asisten pelatih)

Pemain

Diftha Pratama, Januar Kuntara, Roderick Deon Flemings, Devin Lavon Matthews, Hengki Infandi, Danny Ray, Hans Abraham, Pandu Wiguna, Reza Fahdani Guntara, Raymond Shariputra, Luke Martinus, Luthfianes Gunawan, Surliyadin, Anggi Alfiandi, Galank Gunawan

Video Populer

Foto Populer