Sukses


Kaleidoskop Mei 2017: Duka MotoGP, Sensasi CR7 dan Egy Maulana

Bola.com, Jakarta - Bulan Mei 2017 diwarnai berbagai peristiwa olahraga, baik suka maupaun duka. Kabar duka datang dari arena balab MotoGP, yakni meninggalnya juara MotoGP 2006, Nicky Hayden. Selain itu, ada kabar duka dari Inggris, bom di konser Ariana Grande, yang membuat rivalitas Manchester United dan Manchester City berhenti sejenak.

Bulan Mei juga menjadi penentu juara liga-liga Eropa, yakni Liga Spanyol dan Italia. Dari dalam negeri, transfer marquee player semakin ramai setelah Persib Bandung mendaratkan Michael Essien. Beberapa Timnas Indonesia juga mengikuti turnamen. Berikut rangkuman peristiwa olahraga pada Mei 2017.

Liga 1: Serbuan Eks Pemain Klub Eropa

Setelah Persib Bandung membuat gebrakan dengan merekrut Michael Essien, klub-klub Liga 1 yang juga tak ketinggalan. Awal bulan Mei dibuka dengan transfer mahal dari Madura United. Eks pemain Hamburger SV dan Werder Bremen, Boubacar Sanogo resmi direkrut tim Sape Kerrab untuk menggantikan posisi Redouane Zerzouri.

Sementara itu, mantan gelandang Juventus, Douglas Ricardo Packer, resmi didaftarkan Barito Putera sebagai marquee player di Liga 1 2017. Dari kursi pelatih, mantan pembesut Timnas Indonesia, Ivan Kolev berlabuh ke PS TNI.  Widodo C. Putro menggantikan Hans Peter Schaller. Pergantian ini menjadi salah satu kunci sukses Bali United melesat dan finis sebagai runner-up Liga 1.

Timnas U-19 dan Egy Maulana Vikri Curi Perhatian

Dari kabar Timnas Indonesia, pada 22 Mei, Timnas Futsal U-20 gagal melaju ke babak semi-final Piala Asia Futsal U-20 2017 setelah kalah dari tim tuan rumah Thailand dengan skor 2-4, dalam babak perempat-final di Bangkok Arena, Bangkok.

Pada 11 Mei, Timnas Putri Indonesia U-15 tersingkir dari Piala AFF Putri U-15 2017. Ini setelah tim asuhan Rully Nere takluk 1-2 dari Singapura pada laga kedua Grup B KM 16 Stadium, Vientiane, Laos.

Sementara itu pada 18 Mei, Ezra Walian disumpah menjadi WNI setelah status kewarganegaraannya dikukuhkan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi DKI Jakarta.

Egy Maulana Vikry meraih penghargaan Jouer Revelation Trophee di Turnamen Toulon 2017. (Dok PSSI)

Timnas Indonesia U-19 mengawali kiprah pada tahun 2017 lewat Toulon Tournament di Prancis. Meski gagal meraih trofi, Skuat Garuda Nusantara mulai mencuri perhatian. Selain itu, Egy Maulana Vikri mendapatkan Jouer Revelation Trophee. Trofi tersebut diberikan kepada Egy karena penilaian dirinya sebagai pemain yang paling berpengaruh di dalam tim.

Mahkota Liga Spanyol dan Italia serta Sensasi CR7

Liga Spanyol: Sensasi Real Madrid dan Gelar Lionel Messi

Real Madrid menjuarai Liga Spanyol. Los Merengues dipastikan menjadi kampiun setelah mengalahkan Malaga 2-0 pada pekan terakhir di Estadio La Rosaleda, Senin (22/5/2017) dinihari WIB. Madrid menutup musim dengan perolehan 93 dan Barcelona yang harus puas finis sebagai runner-up.

Sementara itu, Megabintang Barcelona, Lionel Messi, berhasil meraih penghargaan el pichichi La Liga Spanyol musim ini.

Liga Champions: Sensasi Ronaldo di Semifinal

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak tiga gol sekaligus membawa Real Madrid menang 3-0 atas Atletico Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions, Selasa (2/5/2017). Selain membantu Madrid menang, CR7 juga menorehkan sejumlah rekor.

Cristiano Ronaldo (CR7) kembali menunjukkan diri sebagai pembeda dengan mengepak hat-trick ke gawang Atletico, menjadikannya Man of the Match di Santiago Bernabeu pada leg pertama semifinal Liga Champions, Spanyol, Selasa (2/5). (AFP Photo)

Ronaldo menorehkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak pada semifinal Liga Champions, dengan 12 gol dari 18 pertandingan. Dia melampaui torehan gol legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano, yang mencatatkan 11 gol. Dari 12 gol tersebut, tiga gol tercipta ketika masih membela Manchester United, dan sembilan sisanya bersama Los Blancos.

Liga Italia: Juventus Raih Scudetto

Juventus memastikan gelar juara Serie A 2016-2017 setelah menang 3-0 atas Crotone, Minggu (21/5/2017). Gol kemenangan dicetak Mario Mandzukic, Paoly Dybala, dan Alex Sandro. Trofi ini menjadi gelar keenam kalinya bagi Juventus secara berturut-turut. 

Kabar Duka dari MotoGP dan Manchester

MotoGP: Nicky Hayden Meninggal Dunia

Juara MotoGP 2006, Nicky Hayden, meninggal dunia pada usia 35 tahun pada ada Senin, 22 Mei 2017. Hayden tertabrak mobil saat sedang bersepeda bersama 14 rekannya di Jalan Rimini, Italia, Rabu, 17 Mei 2017. Hingga akhirnya, sebuah mobil Peugeot menabraknya. 

Nicky Hayden, mantan pebalap dan juara dunia MotoGP 2006 meninggal dunia. (Bola.com/Dody Iryawan)

Rumah Sakit Maurizio Bufalini, tempat Hayden dirawat menyatakan tim medis telah memverifikasi kematian Hayden yang dirawat sejak Rabu, 17 Mei di unit perawatan intensif Rumah Sakit Bufalini, Cesena, setelah mengalami polytrauma sangat serius.

Liga Inggris: Bom Manchester dan Fenomena City United

Serangan bom mengguncang konser penyanyi Ariana Grande di Manchester Arena, Inggris, pada Senin (22/5/2017) malam. Setidaknya 22 orang, termasuk anak-anak, telah tewas dan 59 orang terluka.

Peristiwa ini membuat dua klub yang memiliki rivalitasi tinggi, Manchester United dan Manchester City bersatu. United dan City dalam memberikan bantuan kepada para korban teror bom. Kedua klub tersebut akan menyumbang dana 1 juta pounds (Rp 17,2 miliar) kepada We Love Manchester Emergency Fund.

Liga Europa: MU Juara

Manchester United menjuarai Liga Europa 2016/2017. The Red Devils mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor akhir 2-0. Di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Kamis (25/5/2017) dini hari WIB, dilakukan mengheningkan cipta terlebih dulu sebelum laga dimulai untuk menghormati korban ledakan di Manchester.

 

 

Video Populer

Foto Populer