Sukses


    Malaysia Akhirnya Ubah Mekanisme Undian Grup SEA Games 2017

    Bola.com, Kuala Lumpur - Setelah mendapat kecaman dan kritikan dari negara-negara peserta SEA Games 2017, Panitia SEA Games 2017 Malaysia (Masoc) akhirnya memutuskan untuk melakukan revisi atas mekanisme pengundian grup untuk cabor sepak bola di SEA Games 2017.

    Seperti dilansir dari New Straits Times, Senin (3/7/2017), keputusan itu diambil setelah Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) bertemu dengan Masoc di Kuala Lumpur pada Senin ini.

    FAM datang dengan membawa hasil kesepakatan yang dicapai tim peserta SEA Games 2017 yang juga merupakan anggota AFF, dalam pertemuan Dewan AFF di Nha Trang, Vietnam (1/7/2017).

    Dalam pertemuan itu, disepakati bila para peserta mengajukan keberatan secara resmi melalui surat yang ditujukan ke AFC sebagai pihak yang menyetujui regulasi cabor sepak bola yang diterapkan di SEA Games 2017. 

    Para peserta berharap AFC berkomunikasi dengan Masoc untuk menyampaikan keberatan mereka sekaligus meminta AFC agar Masoc kembali menerapkan sistem undian yang selama ini sudah berjalan.

    Akhirnya permintaan itu didengar. Masoc akan menerapkan mekanisme drawing seperti yang diharapkan para peserta. Timnas Malaysia tidak akan lagi mendapat keleluasaan untuk menentukan grup tanpa ikut serta dalam undian.

    Dalam manual yang baru, Malaysia akan berada di Grup A sementara Thailand sebagai juara bertahan berada di Grup B. Grup A ditentukan hanya akan berjumlah lima tim, sedangkan Grup B dihuni sebanyak enam kontestan.

    Selanjutnya, di luar Malaysia dan Thailand yang sudah pasti berada di Grup A dan Grup B, sembilan peserta lain masuk ke pot undian berdasarkan pencapaian pada SEA Games edisi sebelumnya.

    Sekjen FAM, Datuk Hamidin Amin, menjelaskan bila mekanisme "edisi revisi" ini sesuai dengan yang dipergunakan dalam pengundian grup di SEA Games 2015 Singapura.

    "Kami harap dengan mengembalikan mekanisme yang digunakan sebelumnya, tidak akan ada lagi kekhawatiran mengenai undian sepak bola," kata Hamidin.

    "Kami berharap sepak bola di SEA Games, 14-29 Agustus 2017, dapat berlangsung dengan cara sportif," imbuh Hamidin.

    Sebagai catatan, pengundian grup cabor sepak bola SEA Games 2017 berlangsung pada 8 Juli 2017 di Kuala Lumpur. Sebanyak 11 negara di kawasan Asia Tenggara seluruhnya ikut serta dalam cabor paling beken ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer