Sukses


    Kalah dari Filipina Tak Ada dalam Sejarah Indonesia di SEA Games

    Bola.com, Selangor - Timnas Indonesia U-22 akan menjalani laga kedua penyisihan Grup B SEA Games 2017 dengan menghadapi Timnas Filipina U-22. Laga ini dimainkan di Stadion Shah Alam, Selangor, bersamaan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Selasa (17/8/2017), kick-off jam 19.45 WIB.

    Bila melihat catatan pertemuan kedua tim di SEA Games hingga SEA Games edisi terakhir, 2015, semestinya pelatih Luis Milla dan para pemain Timnas Indonesia U-22 bisa tenang.

    Pasalnya, Timnas Indonesia U-22 cukup superior dan mendominasi pertemuan kedua tim. Bahkan, tidak sekalipun Indonesia kalah dari Filipina. Hasil terburuk Indonesia kala bermain melawan Filipina di SEA Games hanya bermain imbang.

    Sebaliknya, sepanjang keikutsertaan di SEA Games pada 1977, prestasi terbaik Filipina hanya melangkah ke semifinal. Hal itu terjadi ketika Filipina jadi tuan rumah pada SEA Games 1991.

    Tergabung di Grup B, Filipina melaju keempat besar sebagai runner-up di bawah Indonesia yang jadi juara grup. Di semifinal, langkah Filipina ke final dihentikan Thailand. Sementara pada perebutan peringkat medali perunggu, Filipina kalah dari Singapura.

    Selebihnya, Filipina nyaris tidak pernah lolos dari fase penyisihan grup dan bahkan lebih sering menduduki posisi juru kunci di penyisihan grup. 

    Catatan pertemuan Indonesia versus Filipina di SEA Games berawal pada SEA Games edisi 1977 yang digelar di Malaysia. Perlu diketahui, SEA Games 1977 merupakan edisi pertama SEA Games yang dianggap era modern. Sebelum 1977, turnamen multicabor di kawasan Asia Tenggara bernama Peninsular Games.

    Pada edisi pertama SEA Games era modern ini, Indonesia bertemu Filipina di penyisihan Grup B. Cukup menarik, karena SEA Games 1977 digelar di Malaysia, sama seperti SEA Games ke-29 yang sedang bergulir sekarang.

    Ketika itu pertandingan dimainkan di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur. Pertandingan diakhiri dengan skor sama kuat, 1-1. Tentu, hasil imbang itu tidak ingin terulang ketika Indonesia kembali bertemu Filipina, di ajang sama, di negara sama, 40 tahun kemudian.

    Menang tapi Tidak Telak

    Berbeda dengan pertemuan Indonesia versus Filipina di level senior yang kerap diwarnai skor kemenangan telak Indonesia, skor kemenangan terbesar yang pernah dihasilkan Timnas Indonesia kala melawan Filipina di ajang SEA Games saat melawan Filipina hanyalah 5-1.

    Kemenangan dengan skor 5-1 itu tercipta pada SEA Games 1989 yang digelar di Malaysia. Kedua tim bertemu pada penyisihan Grup B. Jadi, bila ada yang saat ini diulangi dari pertemuan itu saat ini, tentu skor kemenangan telak. 

    Hanya, hal itu diprediksi tidak mudah dilakukan. Timnas Filipina saat ini sudah jauh lebih berkembang dan kuat. Tim asuhan pelatih Marlon Maro tampil mengejutkan dengan mengalahkan Kamboja 2-0 pada laga pertama penyisihan Grup B, Selasa (15/8/2017).

    Timnas Indonesia U-22 tidak boleh memandang sebelah mata Filipina kendati rekam jejak memihak Osvaldo Haay cs. Timnas Filipina yang sudah melakukan TC di Jepang dan Kamboja sebelum turun di kualifikasi Piala AFC U-23 2018 dan SEA Games 2017, sejatinya cukup kuat dengan keberadaan beberapa pemain keturunan yang perlu diwaspadai. 

    Catatan Pertemuan Indonesia vs Filipina di SEA Games

    SEA Games 1977
    Penyisihan Grup A: Filipina vs Indonesia 1-1

    SEA Games 1981
    Penyisihan Grup B: Indonesia vs Filipina 2-0

    SEA Games 1989
    Penyisihan Grup B: Indonesia vs Filipina 5-1

    SEA Games 1991
    Penyisihan Grup B: Filipina vs Indonesia 1-2

    SEA Games 1993
    Penyisihan Grup B: Indonesia vs Filipina 3-1

    SEA Games 1997
    Penyisihan Grup A: Indonesia vs Filipina 2-0

    SEA Games 2015
    Penyisihan Grup A: Indonesia vs Filipina 2-0

    Video Populer

    Foto Populer