Sukses


    Saddil Ramdani Membuat Pelatih Persela dalam Dilema

    Bola.com, Lamongan - Saddil Ramdani tampil cukup baik bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017. Dampaknya, pemain Persela Lamongan itu disebut kembali diminta bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri. Jika hal itu benar terjadi, artinya Saddil bakal lebih lama absen membela Laskar Joko Tingkir di pentas Liga 1 2017.

    Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, pelatih kepala Persela, Herry Kiswanto, mengutarakan isi hatinya. Herkis, sapaan akrab Herry Kiswanto, mengaku dilematis terkait permintaan Indra Sjafri itu. Pasalnya, Persela sedang membutuhkan tenaga Saddil Ramdani guna mengatasi krisis pemain yang sedang dialami tim asuhannya saat ini.

    Sekadar catatan, sejak memasuki putaran kedua, prestasi Persela terus menukik. Sebanyak empat pertandingan yang dijalani Samsul Arif dkk. berakhir dengan hasil minor. Dari evaluasi tim pelatih, keterpurukan ini disebabkan parade cedera serta absennya pemain secara bergantian akibat akumulasi kartu kuning.

    Saat ini saja ada Fahmi Al Ayyubi, Ivan Carlos, dan Samsul Arifin yang alam tahap penyembuhan pasca cedera. Kondisi ini diperparah dengan menurunnya permainan Jose Manuel Barbosa Alves alias Jose Coelho menyusul kepulangan selamanya sang ayah.

    Jose pulang ke Portugal sebelum Persela bentrok dengan Persija untuk melepas ayah tercinta. Hingga kini, pemain berstatus marquee player itu belum kembali ke Lamongan.

    "Di satu sisi merasa bangga lantaran anak buah saya berkembang pesat bersama Timnas Indonesia, di sisi lain saya juga pusing lantaran Saddil yang saya harapkan bisa kembali memperkuat Persela setelah SEA Games 2017 bisa jadi batal karena harus bergabung dengan Timnas Indonesia U-19," tutur Herkis.

    Herkis mengungkapkan sudah dihubungi pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Dalam perbincangan dengan arsitek yang mengantarkan Timnas U-19 juara pada Piala AFF 2013 itu, ia sempat mengungkapkan uneg-unegnya.

    Namun, ia tak kuasa menahan Saddil Ramdani lantaran ada kepentingan yang lebih besar, yakni bermain atas nama bangsa."Mau bagaimana lagi, sekarang saya harus memaksimalkan pemain yang ada di tengah keterbatasan stok pemain yang kami miliki," ujar Herkis.

    Wajar bila Herkis pening karena harus memutar otak lebih keras. Sebab, pemain pelapis yang ia miliki secara kualitas timpang dengan pemain inti.

    Hal itu dibuktikan pada beberapa pertandingan performa Persela, yang diperkuat pemain cadangan, tak juga menanjak. Persela terus terpuruk. Terakhir, mereka ditekuk Persija 0-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2017.

    Di sisi lain, Saddil Ramdani menyatakan kesiapan menjawab panggilan dari Indra Sjafri untuk gabung dengan Timnas Indonesia U-19 meski ia baru saja bermain di SEA Games 2018. Saddil mengaku tidak terkendala perihal stamina.

    Video Populer

    Foto Populer