Sukses


Timeline 31 Tahun Perjalanan Cristiano Ronaldo

Bola.com, Madrid - Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, merayakan ulang tahun ke-31 tahun tepat pada hari ini, Jumat (5/2/2016).

Ronaldo merupakan salah satu pesepak bola terbaik dunia saat ini. Sudah banyak trofi dan gelar individu yang berhasil dia raih selama berkarier dalam sepak bola.

Ada tiga klub yang profesional yang dibela Ronaldo sepanjang karier, yakni Sporting Lisbon, Manchester United dan Real Madrid. Bersama dua klub terakhirnya, Ronaldo meraih berbagai kesuksesan.

Total, 16 trofi bergengsi berhasil diraih Ronaldo bersama Manchester United dan Real Madrid. Tak hanya itu, gelar individu pemain terbaik di dunia, FIFA Ballon d'Or juga tiga kali berhasil direngkuhnya, yaitu pada tahun 2008, 2013 dan 2014.

Berikut adalah timeline perjalanan Ronaldo selama 31 tahun menjalani hidup:

0 tahun: Cristiano Ronaldo lahir di Madiera, Portugal pada 5 Februari 1985.

8 tahun: Cristiano Ronaldo bermain untuk tim amatir Andorinha. Di klub ini juga sang ayah José Dinis Aveiro bekerja sebagai kitman. Jose merupakan sosok utama yang memberikan pengaruh kepada Ronaldo untuk bermain sepak bola. Meski masih berusia muda, Ronaldo berhasil memperlihatkan talenta hebat dan beberapa pencari bakat tim Eropa mulai tertarik.

10 tahun: Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub lokal, Nacional. Di klub ini Ronaldo ditempa dengan latihan keras yang membuatnya mendapatkan kebiasaan berlatih keras sendiri untuk mengembangkan kemampuannya.

12 tahun: Cristiano Ronaldo memulai kiprah di klub profesional pertama bersama Sporting Lisbon. Saat itu, Ronaldo bermain untuk tim muda pada tahun 1997-2001. Dia menjadi satu-satunya pemain Sporting Lisbon yang bermain untuk U-16, U-17, U-18 dan tim utama dalam satu musim.

16 tahun: Cristiano Ronaldo mencatatkan debut profesional pertamanya bersama Sporting Lisbon. Pada tahun 2001 hingga 2003, Ronaldo mencatatkan 25 penampilan dan mencetak tiga gol.

Cristiano Ronaldo saat masih berseragam Sporting CP pada 2002. (AFP/Antonio Cotrim)

18 tahun: Pada Mei 2003, Sporting Lisbon dan Manchester United mengadakan laga persahabatan. Pada laga itu, Ronaldo tampil apik hingga membuat Rio Ferdinand dan Patrice Evra meminta Sir Alex Ferguson untuk membelinya. Alhasil, Ronaldo bergabung dengan MU dari Sporting Lisbon seharga 12 juta poundsterling. Ronaldo mencatatkan debut bersama MU saat menang 4-0 atas Bolton Wenderers.

Cristiano Ronaldo menjalani debut sebagai pemain Manchester United pada 16 Agustus 2003. (AFP/Adrian Dennis)

19 tahun: Cristiano Ronaldo gagal membawa Portugal menjuarai Piala Eropa saat dikalahkan Yunani 0-1 di partai final.

21 tahun: Cristiano Ronaldo bermain untuk pertama kalinya di Piala Dunia 2006 yang dihelat di Jerman. Momen ini pula yang membuat Ronaldo sempat dibenci oleh rakyat Inggris karena provokasinya membuat Wayne Rooney mendapatkan kartu merah pada laga perempat final antara Portugal melawan Inggris.

23 tahun: Cristiano Ronaldo pertama kali menjuarai Liga Champions bersama Manchester United. Pada musim ini, dia mencetak total 42 gol dan memenangkan trofi sepatu emas. Dia juga memenangi trofi FIFA Ballon d'Or pertamanya.

Cristiano Ronaldo meraih gelar Liga Champions pertama bersama Manchester United pada 2008. (AFP/Michael Steele)

24 tahun: Cristiano Ronaldo memutuskan meninggalkan MU dan bergabung dengan Real Madrid dengan mahar mencapai 80 juta poundsterling atau sekitar Rp 1 triliun. Dia disambut 80.000 fans Madrid pada hari pertama perkenalannya di Los Blancos.

25 tahun: Cristiano Ronaldo bermain di Piala Dunia keduanya saat dihelat di Afrika Selatan. Pada usia ini pula, Ronaldo berhasil memecahkan rekor pencetak gol terbanyak di La Liga saat membuat 41 gol dalam satu musim. Rekor tersebut kemudian dipecahkan Lionel Messi selang setahun tahun kemudian.

26 tahun: Cristiano Ronaldo menyabet trofi top scorer La Liga pada musim 2010-2011. Dia lalu menyumbangkan trofi sepatu emas ini untuk amal kepada anak-anak korban perang di Gaza, Palestina. Pada usia ini juga Ronaldo berhasil menyabet trofi La Liga untuk pertama kalinya bersama Madrid.

28 tahun: Cristiano Ronaldo membantu Real Madrid meraih La Decima atau gelar Liga Champions ke-10. Dia juga berhasil meraih trofi FIFA Ballon d'Or keduanya.

29 tahun: Cristiano Ronaldo meraih trofi FIFA Ballon d'Or ketiga.

Cristiano Ronaldo meraih penghargaan FIFA Ballon d'Or 2014. (AFP/Fabrice Coffrini)

30 tahun: Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Real Madrid dengan koleksi 244 gol dari 222 pertandingan.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer