Sukses


10 Fakta Menarik Kiper Anyar Barcelona, Jasper Cillessen

Bola.com, Barcelona - Barcelona telah mencapai kesepakatan dengan Ajax Amsterdam terkait proses transfer Jasper Cillessen. Kiper asal Belanda itu akan menjalani tes medis, sebelum secara resmi diperkenalkan kepada publik.

Barca menebus Cillessen dari Ajax dengan banderol 13 juta euro atau setara dengan Rp 194 miliar. Bersama Los Cules, pemain 27 tahun tersebut sepakat menandatangani kontrak berdurasi lima musim atau hingga 30 Juni 2021. 

Nantinya, Jasper Cillessen bakal menggantikan peran Claudio Bravo yang telah resmi gabung ke Manchester City. Pemilik 30 caps bersama tim nasional Belanda itu rencananya akan diperkenalkan kepada para fans di Camp Nou pada Jumat (26/8/2016). 

Dengan kemampuannya yang telah teruji baik bersama Ajax dan timnas Belanda, Cillessen diyakini akan menjadi andalan pelatih Barcelona, Luis Enrique, di bawah mistar gawang. Kendati begitu, dia juga harus bersaing dengan Marc-Andre ter Stegen untuk menjadi kiper nomor satu Blaugrana. 

Berikut ini adalah 10 fakta menarik Jasper Cillessen:

1. Dia mencatatkan namanya sebagai man of the match pada laga debutnya bersama NEC Nijmegen ketika berhadapan dengan SC Heerenven, 28 Agustus 2010 di kompetisi Eredivisie Belanda.

2. Menjalani musim pertamanya bersama Ajax, Cillessen hanya kebagian peran sebagai kiper pelapis bagi Kenneth Vermeer. Tercatat dia hanya melakoni 22 laga dengan 9 diantaranya tanpa kebobolan.

3. Luis Suarez dan Cillessen tidak pernah tampil bersama di Ajax Amsterdam. Suarez telah lebih dulu meninggalkan Belanda pada Januari 2011 menuju Liverpool sebelum Cillessen tiba pada Agustus di tahun yang sama.

4. Jasper Cillessen mengukir torehan 63 laga tanpa kebobolan dari 142 pertandingan selama lima musim memperkuat Ajax Amsterdam. 

5. Pengalaman pertama Cillessen ketika menghadapi klubnya saat ini, Barcelona terjadi pada musim 2013-2014 di ajang Liga Champions. Ketika itu dia berhasil membawa Ajax menang atas Barca dengan skor 2-1.

6. Jasper Cillessen merupakan kiper kedua Belanda setelah Ruud Hesp yang memperkuat Blaugrana pada periode 1997 hingga 2000.

7. Musim 2015-2016 Cillessen memperkuat Ajax Amsterdam di dua kompetisi Eropa sekaligus. Setelah gagal di kualifikasi ketiga Liga Champions, klub ibukota Belanda itu meneruskan perjuangannya di Liga Europa.

8. Debutnya di tim nasional Belanda terjadi pada Juni 2013. Saat itu tim Oranye dilatih oleh eks pelatih Manchester United, Louis van Gaal.

9. Cillessen merupakan kiper utama Belanda di Piala Dunia 2014 Brasil. Penampilannya cukup menjanjikan dengan mengantarkan tim racikan Van Gaal itu melangkah ke semifinal.

10. Selama membela Ajax Amsterdam, Jasper Cillessen berhasil membawa klub tersebut meraih tiga gelar Eredivisie dan satu trofi Piala Belanda. 

Sumber: Barcelona

Video Populer

Foto Populer