Sukses


Messi dan Ronaldo Tak Masuk Dalam Starting XI Johan Cruyff

Bola.com, Barcelona - Legenda timnas Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff, ternyata memiliki starting XI terbaik versinya. Namun, dari 11 pemain pilihan Cruyff tidak terdapat nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Hal tersebut terungkap dalam buku otobiografi Cruyff yang berujudul Johan Cruyff: My Turn. Dalam buku yang baru diluncurkan di Kota London pada 6 Oktober 2016, Cruyff memilih formasi 3-4-3 dalam susunan pemain terbaik miliknya.

Kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin, menempati pos di bawah mistar gawang. Sementara itu, tiga bek sejajar diisi oleh Ruud Krol, Franz Beckenbauer, dan Carlos Alberto.

Di sektor gelandang ditempati oleh pesepak bola bintang dari berbagai era. Diawali dari legenda Real Madrid, Alfredo di Stefano, gelandang serang legendaris Manchester United, Bobby Charlton, winger lincah timnas Brasil, Garrincha, serta mantan gelandang dan eks pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Untuk lini serang, Johan Cruyff memilih bomber terbaik pada abad ke-20. Penyerang Ajax Amsterdam dan timnas Belanda era 1960 hingga 1970, Piet Keizer, dipasangkan dengan legenda Brasil, Pele, dan pesepak bola pujaan publik Argentina, Diego Maradona.

Semasa masih aktif sebagai pemain dan pelatih, Johan Cruyff memiliki karier yang cemerlang. Selama 22 tahun menjadi pesepak bola, Cruyff meraih 22 gelar juara di level klub.

Sayang bersama timnas Belanda, dia gagal mempersembahkan satu pun trofi. Prestasi terbaiknya di tim Oranye adalah runner-up Piala Dunia 1974 dan peringkat tiga Piala Eropa 1976.

Sementara itu, ketika melanjutkan karier sebagai pelatih dari musim 1985-1986 hingga 1995-1996, Johan Cruyff mampu meraih tiga titel bersama Ajax Amsterdam, dan 11 trofi ketika menangani Barcelona.

Bukan hanya itu, Cruyff juga dikenal sebagai peletak dasar sepak bola modern. Taktik 4-3-3 dengan gaya bermain total football yang kerap diterapkan Cruyff, kini banyak dipakai pelatih sepak bola di seluruh dunia.

Bahkan di tangan Pep Guardiola, strategi Cruyff kian berkembang menjadi gaya bermain tiki-taka. Sayangnya pada 24 Maret 2016, Johan Cruyff wafat dalam usia 68 tahun akibat penyakit kanker

Berikut ini starting XI terbaik versi Johan Cruyff dalam formasi 3-4-3:
Kiper: Lev Yashin

Bek: Ruud Krol, Franz Beckenbauer, Carlos Alberto

Gelandang: Alfredo di Stefano, Pep Guardiola, Bobby Charlton, Garrincha

Penyerang: Piet Keizer, Pele, Diego Maradona

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer