Sukses


Barcelona Tetapkan Target untuk Lionel Messi pada 2017

Bola.com, Barcelona - Lionel Messi dan catatan rekor menjadi sesuatu yang sulit terpisahkan. Selama berkarier, Messi telah menorehkan berbagai rekor berbeda.

Memasuki usia ke-30 pada 24 Juni mendatang, Messi semakin dekat dengan beberapa rekor yang sudah menanti. Kebanyakan, Messi mencatat rekor saat berseragam Barcelona.

Pihak klub pun menetapkan beberapa tantangan yang mungkin dicapai Messi pada tahun 2017. Lantas, apa saja target yang bakal diincar Messi itu?

Berikut ini adalah 10 tantangan untuk Messi pada 2017:

1. 500 gol untuk Barcelona

Lionel Messi saat ini telah mencetak 476 gol untuk Barcelona di ajang resmi. Messi pun berpeluang menggenapkannya menjadi 500 gol pada tahun ini.

Menilik jumlah gol Messi setiap tahun, rasanya rekor tersebut akan mudah dipecahkan La Pulga. Sebagai perbandingan, sepanjang tahun 2016, Messi tercatat telah mencetak 51 gol di berbagai ajang.

2. 100 gol di Liga Champions

Lionel Messi berkesempatan mencetak 100 gol sepanjang ikut serta di Liga Champions. Saat ini, Messi telah mencetak 93 gol dari 111 penampilan di kompetisi tersebut.

Pada musim ini, Messi telah menggelontorkan 10 gol dari enam pertandingan Liga Champions. Namun, bukan hanya Messi yang bisa mencapai gol ke-100 di Liga Champions. Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat ini sudah membukukan 95 gol dari 133 laga Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Target Lionel Messi

3. 600 laga untuk Barcelona

Lionel Messi telah bermain sebanyak 551 pertandingan untuk Barcelona di berbagai ajang. Jika terhindar dari cedera maupun sanksi, Messi bisa mencapai lebih dari 600 pertandingan pada akhir tahun ini.

Messi bisa melampaui catatan pertandingan Carles Puyol sebanyak 593 laga. Hal itu akan menjadi Messi sebagai pemain ketiga yang tampil paling banyak untuk Barcelona, setelah Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Dengan usianya yang lebih muda ketimbang Iniesta, Messi bisa saja menorehkan rekor sebagai pemain tersering tampil bersama La Blaugrana.

4. Gelar Liga Champions ke-5

Selama berseragam Barcelona, Lionel Messi telah memenangi empat trofi Liga Champions pada 2006, 2009, 2011, dan 2015. Dari kesempatan itu, Messi mencetak gol dalam dua partai final pada 2009 dan 2011.

Kini, Messi dan rekan-rekan mengincar gelar Liga Champions 2016. Apakah Messi bisa mengangkat trofi Si Kuping Besar di Cardiff pada akhir musim ini?

5. Pencetak gol terbanyak untuk satu klub

Lionel Messi telah pencapaian legenda Portugal Eusebio saat berseragam Benfica. Dengan total 476 gol, Messi melewati gol Eusebio di Benfica (473 gol).

Messi hanya kalah dari Uwe Seeler (507 gol untuk Hamburg), Jimmy McGrory (522 gol untuk Celtic FC), dan Gerd Muller (525 gol untuk Bayern Munchen) sebagai pencetak gol terbanyak untuk satu tim Eropa.

6. Cetak gol ke gawang Las Palmas

Lionel Messi telah merasakan mencetak gol ke gawang hampir seluruh kontestan La Liga. Satu-satunya gawang yang belum pernah dibobol Messi adalah Las Palmas.

Kesempatan itu terbuka saat Barcelona menjamu Las Palmas di Camp Nou pada 14 Januari mendatang. Andaipun gagal pada peluang pertama, Messi masih bisa meraihnya saat Barcelona bertandang ke markas Las Palmas pada 14 Mei 2017.

3 dari 3 halaman

Target Lionel Messi

7. 100 gol ke gawang klub non-Spanyol

Lionel Messi hanya membutuhkan tiga gol lagi ke gawang klub non-Spanyol untuk menggenapkan koleksinya menjadi 100 gol. Peluang itu bisa didapat Messi saat berhadapan dengan Paris Saint-Germain pada babak 16 besar Liga Champions.

8. Gol pembuka di La Liga

Selama musim ini, Lionel Messi telah mencetak empat gol pembuka untuk Barcelona. Dia hanya kalah dari tiga pemain, yakni Ruben Castro, Willian Jose, dan Raul Garcia yang mencetak lima gol pembuka untuk timnya masing-masing.

Namun, Messi secara total sudah 71 kali mampu membuka keunggulan Barcelona. Rekor gol pembuka di La Liga saat ini dipegang Hugo Sanchez dengan torehan 76 gol.

9. 400 kemenangan untuk Barcelona

Jika Lionel Messi bermain, rasio kemenangan Barcelona semakin besar. Bersama Messi, Barcelona tercatat telah memenangi 390 pertandingan.

Messi berpeluang menggenapkannya menjadi 400 kemenangan pada tahun ini. Sekarang, Messi sudah mengantongi 551 pertandingan untuk Barcelona di berbagai ajang.

10. 500 kali tampil sebagai pemain inti

Lionel Messi hampir selalu menjadi pemain inti Barcelona. Dari 551 laga, Messi melakoni 484 pertandingan sebagai pemain inti.

Dia hanya membutuhkan 16 laga sebagai pemain inti untuk mencapai angka 500. Dengan tersisa banyak laga musim ini, catatan tersebut bisa diraih Messi sebelum musim 2016-2017 berakhir.

Sumber: FC Barcelona

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer