Sukses


Terkait Dugaan Doping, Samir Nasri Terancam Sanksi Berat

Bola.com, Sevilla - Gelandang Manchester City yang sedang dipinjamkan ke Sevilla, Samir Nasri, terancam sanksi berat terkait dugaan penggunaan doping. Jika terbukti, pemain asal Prancis itu dilarang berkecimpung di dunia sepak bola selama empat tahun. 

Kasus doping yang menyeret Samir Nasri mulai terdengar usai sang pemain diketahui mengunjungi klinik terapi intravena (IV) di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Desember 2016. Melalui akun Twitter-nya, Nasri ketika itu mengaku telah menggunakan Obat Kekebalan Drip IV (intravena) untuk terus terhidrasi dan mendapatkan kesehatan yang prima.

Terapi intravena dilakukan dengan menyuntikkan zat cair ke dalam pembuluh darah. Intravena sendiri berasal dari kata di dalam pembuluh darah vena.

Namun, belakangan Nasri mengaku jika akun Twitter-nya telah dibajak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Meski demikian, cuitan Nasri itu mendapat perhatian khusus dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) yang kemudian menuntut penyelidikan Lembaga Anti Doping Spanyol (AEPSAD) terhadap sang pemain. Penyelidikan untuk Nasri pun sudah dibuka pada 28 Desember 2016.

"Untuk saat ini, WADA belum memiliki rincian lengkap dan fakta-fakta mengenai kasus tersebut. Kami berharap organisasi anti doping yang relevan untuk menyelidiki kasus ini lebih lanjut.

"Sama seperti semua badan anti doping lainnya, kami akan memantau penyelidikan yang dilakukan oleh organisasi doping yang dimaksud. Mereka harus mengambil keputusan secara efisien serta tanpa penundaan apakah harus diajukan terhadap atlet maupun orang lain," kata juru bicara WADA, Ben Nichols.

WADA dalam aturannya sudah jelas melarang penggunaan intravena untuk para atlet. Oleh sebab itu, penggunaan obat tersebut dianggap sebagai bentuk doping.

Namun, ada pengecualian khusus jika dalam penggunaannya karena alasan medis. Terapi intravena dibolehkan kecuali dalam jumlah 50 mililiter per enam jam atau kurang.

Sevilla sendiri belum mau berkomentar atas kasus Samir Nasri karena proses penyelidikan masih berlangsung. Namun, El Pais melaporkan klub yang bermarkas di Ramon Sanchez Pizjuan Stadium itu tak menampik kabar soal Nasri yang menjalani terapi intravena.

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer