Sukses


Real Madrid dan Solusi Formasi Ideal Setelah 6 Pilar Cedera

Bola.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, harus memutar otak setelah kembali mengalami masalah karena Dani Carvajal dan Marcelo cedera setelah menghadapi Celta Vigo, di Santiago Bernabeu, Kamis (19/1/2017). Kedua pemain itu semakin menambah panjang daftar cedera pemain Los Blancos. 

Pada Senin (23/1/2017), Real Madrid mengonfirmasi, Marcelo harus absen selama sebulan, sedangkan Dani Carvajal dikabarkan masih menjalani beberapa tes untuk menentukan masa pemulihan cedera. 

Dengan tambahan kedua pemain tersebut, menurut catatan Transfermarkt, total pemain yang sedang berada dalam ruang perawatan Real Madrid sebanyak enam orang. Keempat pemain sisanya, antara lain Pepe, Luka Modric, James Rodriguez, dan Gareth Bale. 

Badai cedera ini pun mau tidak mau membuat Zinedine Zidane memberikan kesempatan kepada pemain Real Madrid Castilla tampil di skuat utama El Real. Beberapa pemain yang sudah merasakan pengalaman tersebut, di antaranya Alvaro Terejo dan Enzo Zidane. 

Berbagai masalah di atas pada akhirnya tentu memengaruhi performa tim. Faktanya, dari lima laga terakhir di berbagai ajang, Real Madrid hanya mampu meraih dua kemenangan (2-1 atas Malaga, 5-0 Granada), sedangkan sisanya berakhir dengan satu hasil imbang (3-3 Sevilla) dan dua kekalahan (1-2 Sevilla, 1-2 Celta Vigo). 

Cristiano Ronaldo gagal mempersembahkan kemenangan untuk Real Madrid. (AFP/Javier Soriano).

Belum lagi bicara soal penurunan performa para pemain di lini depan. Cristiano Ronaldo, misalnya, yang hanya mencetak dua gol dalam lima pertandingan terakhir Real Madrid di ajang La Liga 2016-2017. 

Lalu, seperti apa keputusan Zinedine Zidane mengatasi masalah penurunan performa dan badai cedera Real Madrid? Berikut ini adalah beberapa opsi komposisi skuat Real Madrid jika mengacu terhadap ketersedian pemain saat ini:

2 dari 4 halaman

Bek

Danilo, Raphael Varane, Sergio Ramos, Nacho

Komposisi ini merupakan opsi realistis. Performa Raphael Varane menggantikan peran Pepe di jantung pertahanan cukup baik bersama Sergio Ramos. Sementara itu, Nacho bisa menggantikan posisi Marcelo yang harus absen selama empat pekan ke depan, sedangkan Danilo mengisi posisi bek kanan.

Lucas Vazquez, Raphael Varane, Sergio Ramos, Nacho

Opsi bek Real Madrid 2. (Marca).

Saat menghadapi Malaga, Lucas Vazquez secara mengejutkan berperan sebagai bek kanan setelah Marcelo mengalami cedera. Sementara itu, Nacho bertukar posisi ke bek kiri. Opsi ini sempat berjalan cukup baik pada laga yang dimenangi Real Madrid 2-1 tersebut.

Nacho, Sergio Ramos, Raphael Varane, Tejero

Opsi bek Real Madrid 3. (Marca).

Agar kondisi para pemain kunci dapat tetap terjaga, Zinedine Zidane bisa mengambil opsi memainkan bintang muda dari Real Madrid Castilla. Pemain yang ditengarai bisa mengambil peran tersebut adalah Tejero. Ia bisa berposisi sebagai bek kiri, sedangkan Nacho mengisi peran di bek kanan.

Sergio Ramos, Raphael Varane, Nacho

Opsi bek Real Madrid 4. (Marca).

Memainkan formasi dengan tiga bek juga menjadi pilihan bagi Zinedine Zidane. Pada ajang Liga Champions melawan Legia Warsaw, November 2016, Zidane sempat memainkan taktik tersebut. Ketika itu, Raphael Varane menjadi bek tengah, sedangkan Sergio Ramos sebagai bek kanan, dan Nacho di kiri. 

3 dari 4 halaman

Gelandang

Toni Kroos, Casemiro, Mateo Kovacic

Tanpa Luka Modric, komposisi ideal lini tengah Real Madrid adalah trio Toni Kroos, Casemiro, dan Mateo Kovacic. Ketiga pemain itu beberapa kali menjadi pilihan Zinedine Zidane dalam beberapa pertandingan besar Los Blancos.

Toni Kroos, Casemiro, Isco

Opsi gelandang Real Madrid 2. (Marca).

Absennya Luka Modric dan James Rodriguez membuat Real Madrid tidak punya banyak pilihan untuk mengisi pos lini tengah. Toni Kroos dan Casemiro tidak tergantikan. Oleh karenanya, selain Mateo Kovacic, Isco dapat mengisi tempat kosong di barisan tengah.

4 dari 4 halaman

Penyerang

Lucas Vazquez, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo

Komposisi ketiga pemain ini menjadi pilihan utama saat menghadapi Malaga. Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema jelas tidak tergantikan di lini depan. Tanpa kehadiran Gareth Bale, Zinedine Zidane bisa membongkar pasang pemain di posisi penyerang sayap kanan.

Isco, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo

Opsi penyerang Real Madrid 2. (Marca).

Andai Lucas Vazquez kembali mendapat peran mengisi posisi bek kanan, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane dapat memainkan Isco sebagai penyerang sayap kanan. Sementara itu, komposisi dua pos lainnya tetap menjadi milik Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Lucas Vazquez, Karim Benzema, Marco Asensio

Opsi penyerang Real Madrid 3. (Marca).

Marco Asensio ditengarai bakal menjadi orang pertama yang bakal dipanggil Zinedine Zidane jika Cristiano Ronaldo tidak bermain. Pemain berusia 21 tahun tersebut pada musim 2016-2017 telah mengoleksi tujuh gol dan satu assist dalam 21 pertandingan di berbagai ajang.

Lucas Vazquez, Karim Benzema, Alvaro Morata

Opsi penyerang Real Madrid 4. (Marca)

Masih jika Cristiano Ronaldo tidak bermain. Komposisi Alvaro Morata, Karim Benzema, dan Lucas Vazquez bisa menjadi pilihan. Namun, peluang komposisi ini terjadi memang cukup kecil lantaran Zinedine Zidane sangat jarang memainkan dua penyerang murni secara bersamaan (Benzema dan Morata).

Sumber: Marca, Transfermarkt, ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer