Sukses


4 Alasan Barcelona Masih Bisa Juara La Liga 2016-2017

Bola.com - Barcelona membutuhkan keajaiban untuk menjadi kampiun La Liga 2016-17. Paling tidak, harapan untuk mempertahankan gelar juara masih ada walaupun hanya secercah.

Saat ini, Barcelona tertinggal tiga poin dari Real Madrid dengan satu laga tersisa. Pada pertandingan pekan terakhir La Liga, Barcelona akan menjamu Eibar, sedangkan Real Madrid bertandang ke markas Malaga.

Secara matematis, Real Madrid hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan gelar juara. Jika Los Blancos bisa meraih hasil tersebut, Barcelona akan gigit jari karena kemenangan tidak akan cukup untuk membuat mereka menjadi juara.

Melihat performa Real Madrid, satu poin rasanya bukanlah hal yang sulit mereka raih kala bertemu Malaga. Namun fokus tim kini tengah terbagi, karena Los Blancos juga akan menjalani laga final Liga Champions menghadapi Juventus.

Meskipun Zinedine Zidane berulang kali menyatakan kalau Real Madrid akan fokus ke laga pamungkas La Liga terlebih dahulu, bukan tidak mungkin kalau pertandingan di Liga Champions sudah mulai merasuki benak para pemain.

Jika melihat sejarah, Real Madrid pernah dua kali kehilangan gelar pada laga terakhir La Liga. Peristiwa tersebut terjadi pada musim 1991-92 dan 1992-93. Peristiwa yang terkenal dengan sebutan 'Tenerifazo' menuntut Real Madrid harus waspada.

Barcelona pun berharap kondisi tersebut terulang. Jika Barcelona meraih kemenangan atas Eibar dan Real Madrid takluk dari Malaga, poin kedua tim akan sama-sama 90. Namun Barcelona unggul head to head atas Real Madrid pada La Liga musim ini.

Berikut ini empat alasan Barcelona masih berpeluang menjuarai La Liga 2016-17:

2 dari 5 halaman

Sandro Ramirez

Sandro Ramirez menjadi harapan Barcelona untuk mempersembahkan kekalahan bagi Real Madrid.
Barcelona memiliki mantan pemain di Malaga. Pemain tersebut adalah Sandro Ramirez. Sebagai lulusan La Masia, Sandro memiliki kecintaan terhadap Barcelona. Ia pun mengaku merupakan suporter sejati dari El Barca.

Jelang laga melawan Real Madrid, Sandro Ramirez telah berikrar akan membantu Barcelona meraih gelar juara dengan cara membawa Malaga meraih kemenangan ata Real Madrid.

"Ini adalah momen yang saya impikan karena saya berutang banyak kepada Barcelona. Saya akan membantu mereka menjadi juara La Liga dan saya berharap bisa menjalankan misi tersebut dengan baik," ujar Sandro.

Meskipun tidak lagi menjadi bagian dari Barcelona, Sandro Ramirez bisa menjadi satu di antara harapan mereka untuk menggagalkan usaha Real Madrid menjadi juara La Liga.

 

3 dari 5 halaman

Profesionalitas Malaga

Malaga akan mempersembahkan kemenangan untuk suporter. (EPA/Daniel Perez)
Saat ini, Malaga menempati peringkat ke-11 La Liga dengan koleksi 46 poin. Perolehan poin tersebut tidak bisa lagi membuat mereka beranjak ke peringkat yang lebih baik. Justru kekalahan berpeluang membuat mereka turun peringkat.

Faktor suporter akan membuat Malaga menjaga profesionalitas dengan cara tampil sebaik mungkin ketika melawan Real Madrid. Setidaknya, kemenangan bisa menghibur suporter yang tidak lelah memberikan dukungan sepanjang musim.

Selain itu, Malaga memiliki catatan impresif pada lima pertandingan terakhir di La Liga, yaitu dengan empat kemenangan dan satu hasil imbang. Catatan tersebut bisa menjadi ancaman untuk Real Madrid.

La Rosaleda merupakan tempat yang patut diwaspadai. Pada musim ini, Malaga telah memenangi sepuluh pertandingan dari 18 laga di stadion tersebut. Barcelona merupakan satu di antara korban Malaga di La Rosaleda setelah takluk dengan skor 0-2.

 

4 dari 5 halaman

Kebiasaan Mencetak Gol Pada Menit-Menit Akhir

Real Madrid beberapa kali memastikan kemenangan lewat gol pada menit-menit akhir pertandingan. (AP/Lalo R. Villa)
Real Madrid banyak mengamankan poin penuh setelah mencetak gol pada menit-menit akhir pertandingan. Hal tersebut dapat menjadi bumerang jika mereka mengandalkan situasi tersebut.

Real Madrid wajib menunjukkan determinasi dan mencetak gol sebanyak mungkin pada awal-awal laga untuk memastikan kemenangan.

Malaga merupakan tim yang memiliki potensi untuk menyulitkan Real Madrid pada laga nanti.

 

5 dari 5 halaman

Tenerifazo

Real Madrid kehilangan peluang meraih gelar La Liga setelah takluk dari Tenerife pada pekan terakhir La Liga 1991-92 dan 1992-93.
Tragedi Tenerifazo merupakan tragedi yang tidak akan pernah dilupakan suporter Real Madrid. Dalam dua musim beruntun, Real Madrid harus merelakan gelar La Liga melayang ke Barcelona setelah takluk dari Tenerife pada laga pamungkas La Liga.

Meskipun sudah lama berlalu, trauma tersebut masih menghantui Real Madrid. Mereka wajib fokus sepanjang laga dan tidak boleh membiarkan Malaga untuk mencetak gol.

Sumber: Marca

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer