Sukses


Kena Hukuman 21 Bulan, Lionel Messi jadi Penghuni Penjara?

Bola.com, Barcelona - Nyaris setahun lalu, Lionel Messi duduk di bangku pesakitan. Ia hadir di pengadilan bersama sang ayah, Jorge Messi. Tuduhan terhadapnya tak main-main, yakni melakukan tindak kejahatan penggelapan pajak, baik pajak penghasilan maupun pajak asset.

Rabu (24/5/2017), Mahkamah Agung Spanyol memutuskan Lionel Messi bersalah telah melakukan tindak pidana penggelapan pajak atas penghasilan dan asset. Lionel Messi mendapat hukuman 21 bulan.

Seperti dirilis BBC, Lionel Messi dan sang ayah dinilai melakukan tindakan secara bersama-sama untuk mengelabui besaran nilai pajak yang harus dibayar. Nilai pajak tersebut terjadi pada peridoe 2016, dan dua orang tersebut dianggap 'menghilangkan' pajak senilai 4,1 juta euro atau sekitar Rp 57,4 miliar.

Usai pembacaan keputusan, beberapa media justru membawa kabar positif. BBC merilis, Lionel Messi tak akan masuk penjara karena pihak pengadilan mendapat jaminan dari keluarga dan pihak Barcelona, tempat berkarier Lionel Messi.

Nasib berbeda sepertinya bakal dialami Jorge Messi. Ayah Lionel Mess mendapat pemotongan hukuman, dari 21 bulan menjadi 15 bulan. Hal itu terjadi setelah ia membayar sejumlah pajak yang dianggap bermasalah. Namun, Jorge Messi masih menunggu apakah akan dieksekusi atau tidak.

Namun, peraturan perundangan di Spanyol menyebut, bagi narapidana dengan hukuman di bawah dua tahun, bisa bebas dari kehidupan penjara alias hanya berstatus hukuman percobaan dan atau tahanan kota.

Sebelumnya, Lionel Messi mengaku tak takut dengan tuduhan yang mengarah kepadanya. Peraih lima gelar Pemain Terbaik Dunia tersebut menganggap, satu-satunya rasa takut pada pikirannya adalah tak bermain sepak bola.

Keputusan bersalah terhadap Lionel Messi menambah panjang daftar masalah pajak yang mendera skuat Barcelona. Sebelumnya ada pemain bertahan Javier Mascherano dan striker asal Brasil, Neymar.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer