Sukses


Profil Tim La Liga 2017-2018: Atletico Madrid Panaskan Persaingan

Bola.com, Madrid - Atletico Madrid merupakan salah satu klub yang mampu merepotkan Real Madrid dan Barcelona di La Liga Spanyol. Los Rojiblancos pun diyakini bakal meneruskan hal tersebut pada musim ini.

Atletico sukses menggagalkan upaya Madrid dan Barca merebut titel liga pada musim 2013-2014. Saat itu, mereka bercokol di puncak klasemen akhir dengan nilai 90, unggul tiga poin atas Barca dan Madrid yang berada di tempat kedua.

Sayangnya, Atletico gagal melanjutkan tren bagus tersebut dalam tiga musim terakhir. Mereka hanya mampu bercokol di posisi ketiga di bawah Real Madrid ataupun Barcelona yang bergantian meraih gelar juara.

Meski begitu, Atletico Madrid adalah rival yang kerap menyulitkan Los Blancos dan Los Cules. Padahal, Los Colchoneros tak banyak dihuni pemain bintang. Atletico hanya mengandalkan nama-nama seperti Gabi, Koke, hingga Antoine Griezmann.

Pada musim lalu, Atletico Madrid meraih satu hasil imbang dan sekali kalah kontra Real Madrid di La Liga. Hasil serupa juga didapatkan klub asuhan Diego Simeone tersebut saat bersua Barcelona.

"Mempertahankan kelompok yang berhasil memiliki musim yang fantastis bukanlah sebuah masalah. Saya melihatnya sebagai kesuksesan," kata CEO Atletico, Miguel Angel Gil.

"Kami harus bangga bisa terus menghitung pada sekelompok pemain yang telah memberi kami begitu banyak hal dalam beberapa tahun terakhir," lanjutnya.

Berbekal catatan tersebut membuat Atletico Madrid berambisi untuk terus mengganggu hegemoni Real Madrid dan Barcelona di La Liga. Kekompakan antar pemain yang terus meningkat menjadi modal berharga Atletico untuk memanaskan persaingan di La Liga 2017-2018.

"Kami telah terus melangkah setahap demi setahap. Sekarang kami masih memiliki waktu sepekan untuk memulai musim ini dan kami harus terus bekerja," ujar bek Atletico Madrid, Lucas Hernandez.

2 dari 3 halaman

Wanda Metropolitano

Stadion Wanda Metropolitano

Atletico Madrid harus meninggalkan Estadio Vicente Calderon yang telah ditempati selama 51 tahun. Los Rojiblancos bakal pindah ke kandang baru, yakni Wanda Metropolitano.

Di stadion yang menghabiskan dana pembangunanan hingga 240 juta euro (Rp 4,1 triliun) tersebut Atletico berharap bisa melanjutkan tren bagus saat bermain di kandang. Sebab, ketika tampil di hadapan publik sendiri, Atletico Madrid kerap mendulang tiga poin.

Dari 29 pertandingan yang berlangsung di Vicente Calderon pada musim lalu, Atletico sukses memetik 21 kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan lima kekalahan. Selain itu, mereka juga mampu mendulang 58 gol dan kemasukan 22 kali.

Di stadion baru, Atletico juga bakal mendapat pemasukan tambahan dari jumlah penonton. Stadion Wanda Metropolitano mampu menampung hingga 67.703 penonton, sedangkan Vicente Calderon memiliki kapasitas 54.907 tempat duduk.

3 dari 3 halaman

Skuat

Atletico Madrid dijatuhi sanksi larangan transfer pada Januari 2017 dan musim panas 2017 oleh FIFA. Hukuman itu diterima Atletico akibat merekrut beberapa pemain berusia di bawah 18 tahun pada Januari 2016 secara ilegal.

Manajemen Los Rojiblancos pun coba mengajukan banding hingga ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Akan tetapi, upaya banding tersebut ditolak. Alhasil Atletico Madrid tak bisa mendatangkan pemain baru hingga Januari 2018.

Kondisi tersebut membuat Atletico berupaya keras mempertahankan pemain yang ada, termasuk Antoine Griezmann yang sempat gencar diburu Manchester United. Hal tersebut berjalan lancar. Skuat Atletico Madrid pada musim lalu tetap bertahan.

Meski begitu, Atletico mendapatkan pemasukan hingga 69 juta euro (Rp 1 triliun) hasil menjual enam pemain, yakni Theo Hernandez ke Real Madrid, Oliver Torres ke FC Porto, Matias Kranevitter ke Zenit St. Petersburg, Javier Manquillo ke Newcastle United, Santos Borre ke River Plate, dan Amath Ndiaye ke Getafe.

"Klub telah melakukan upaya penting untuk mempertahankan pemain yang diinginkan klub terbaik di dunia," kata Diego Simeone.

Dengan mengandalkan muka-muka lama, Atletico Madrid mengincar papan atas klasemen La Liga. Los Rojiblancos pun bakal mengawali perjuangan tersebut dengan menghadapi klub promosi, Girona, pada pekan perdana La Liga di Estadi Montilivi, 19 Agustus 2017.

Berikut ini adalah skuat Atletico Madrid untuk musim 2017-2018 (hingga 18/8/2017):

Kiper: Miguel Angel Moya, Jan Oblak, Axel Werner

Bek: Diego Godin, Filipe Luis, Stefan Savic, Sime Vrsaljko, Lucas Hernandez, Juanfran, Jose Gimenez

Gelandang: Nicolas Gaitan, Gabi, Augusto Fernandez, Yannick Ferreira Carrasco, Saul, Koke, Thomas

Penyerang: Kevin Gameiro, Luciano Vietto, Angel Correa, Fernando Torres, Antoine Griezmann

Video Populer

Foto Populer