Sukses


Adaptasi Cepat ala Ernesto Valverde di Barcelona

Jakarta - Ernesto Valverde mengungkapkan bagaimana bisa cepat beradaptasi dengan Barcelona. Valverde mengaku puas dengan 100 hari kepemimpinan di Barcelona. Pelatih berusia 53 tahun ini pun berbagi resep suksesnya.

"100 hari sebagai pelatih? Saya puas, tapi kita tahu sepak bola itu cepat sekali berganti. Di Barcelona, Anda melalui semuanya," ujar Valverde seperti dilansir Soccerway.

Valverde ditunjuk sebagai pelatih Barcelona menggantikan Luis Enrique mulai musim 2017-2018. Sampai dengan 100 hari kepemimpinannya, Valverde sukses membawa Barcelona memuncaki klasemen Liga Spanyol berkat tujuh kemenangan dan satu kali imbang hingga pekan ke-8.

Di Liga Champions, Barcelona sukses memuncaki klasemen Grup D berkat raihan sempurna tiga kemenangan. Lionel Messi dan kawan-kawan mengemas sejauh ini telah mengantongi 9 poin.

Padahal di awal musim, internal Barcelona sempat terguncang usai Neymar memutuskan pindah ke Paris Saint Germain (PSG). Barcelona kelimpungan mencari penggantinya sebelum memastikan merekrut Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund.

"Anda harus menangani semua situasi dengan tenang. Di bulan Agustus, semuanya horor dan lihatlah sekarang karena Barcelona bisa menggeliat," ujar Valverde mengakhiri.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer