Sukses


Perubahan Cristiano Ronaldo di Mata Gaizka Mendieta

Bola.com, Jakarta - Mantan gelandang timnas Spanyol, Gaizka Mendieta, mengungkapkan pandangan tentang perubahan Cristiano Ronaldo. Mendieta menganggap Ronaldo telah berevolusi sejak bermain di Manchester United.

Gaizka Mendieta datang ke Inggris pada awal musim 2003-2004 untuk memperkuat Middelsbrough sebagai pinjaman dari Lazio. Pada saat yang sama, Manchester United merekrut Ronaldo dari Sporting CP.

Meski sama-sama baru datang, perjalanan karier keduanya berada pada fase yang berbeda. Mendieta tengah berada di penghujung masa aktif, sedangkan Ronaldo baru memulai karier.

Mendieta dan Ronaldo tiga kali saling berhadapan. Dari jumlah tersebut, Manchester Untited yang dibela Ronaldo gagal mencatatkan satu kemenangan pun dengan hasil satu seri dan dua kali kalah.

Kepada Bola.com, Mendieta pun menceritakan kenangan berhadapan dengan Ronaldo muda. Pria berusia 43 tahun itu membandingkan Ronaldo saat itu dengan sekarang.

"Ketika baru pindah ke Manchester United, Ronaldo lebih sering melakukan berbagai macam trik, tetapi kerap tidak berhasil. Di Inggris Ronaldo kurang mendapatkan ruang untuk bergerak. Namun, dia berkembang pesat pada musim pertamanya," kenang Mendieta.

"Saat itu, Ronaldo bergerak sangat cepat, dia sering menusuk ke jantung pertahanan lawan dari sisi lapangan. Sekarang, Ronaldo bermain lebih ke tengah seperti seorang penyerang seiring bertambahnya usia. Ronaldo berkembang pesat sejak saya melawannya," eks gelandang Barcelona itu melanjutkan.

Ronaldo memperkuat Manchester United pada periode 2003 hingga 2009 dan mempersembahkan berbagai gelar seperti Liga Champions, Premier League, serta Piala Dunia Antarklub.

Setelah itu, Cristiano Ronaldo pindah ke Real Madrid dengan nilai transfer 94 juta euro. Kapten timnas Portugal itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Los Blancos setelah mencatatkan 422 gol dari 416 pertandingan.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer