Sukses


5 Rekor Messi yang Sulit Dipecahkan

Bola.com, Barcelona - Lionel Messi boleh dibilang merupakan pesepak bola tersukses dan paling lengkap di muka bumi pada generasinya. Aksi-aksi pemain yang dijuluki La Pulga itu sulit digambarkan dalam satu dekade terakhir.

Mencetak rekor seperti hobi buat penyihir asal Argentina itu. Nyaris tiap musim Messi selalu memecahkan rekor baru, baik secara individu maupun tim.

Kini, Messi memasuki musim penuh ke-14 di Camp Nou. Jelas, dia sudah menjadi legenda hidup di sana karena sejumlah aksinya bersama Blaugrana.

Bahkan, lima rekor di bawah ini sepertinya akan sulit dipecahkan oleh pemain lain. Berikut 5 rekor Messiyang akan bertahan selamanya dikutip Sportskeeda:

 

 

2 dari 6 halaman

Pencetak Gol Terbanyak di La Liga

Messi telah mencetak 365 gol dalam 400 penampilan di Camp Nou dan mencetaknya pada angka 0,91 gol per game. Beberapa rekor juga mengiringi itu.

Dengan 50 gol musim 2011/12, Messi menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu musim La Liga. Kemudian penghitungan Messi mencakup 28 hattrick dan 105 braces. Lalu yang terakhir Messi adalah pemain pertama yang mencapai 350 gol dalam sejarah La Liga.

Mengapa rekor ini bertahan selamanya? Karena Messi baru berusia 30 tahun dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Dia sangat fit dan sepertinya bermain di musim terbaiknya saat ini.

Dia telah mencetak 16 gol untuk Barcelona di 18 pertandingan liga musim 2017/18. Dia bisa saja menembus 400 gol liga, rekor yang sepertinya tidak ada yang mendekati, apalagi memutuskannya.

3 dari 6 halaman

Pemain Termuda yang Menangi 4 Ballon d'Or

Ini adalah prestasi yang luar biasa oleh si pesulap kecil. Dia baru berusia 25 tahun, 6 bulan dan 15 hari ketika mengangkat penghargaan Ballon d'Or keempatnya.

Selain itu, Messi adalah satu-satunya pemain yang telah memenangkan 4 penghargaan Ballon d'Or berturut-turut, dan bahkan sebelum berusia 26 tahun. Messi saat ini telah memenangkan 5 penghargaan Ballon d'Or dan hanya Cristiano Ronaldo yang setara dengan raihannya.

Jika bisa membantu Argentina meraih gelar Piala Dunia di Rusia 2018, kemungkinan besar ia akan mendapatkan penghargaan Ballon d'Or ke-6. Mengingat persaingan sepak bola akhir-akhir ini, sangat tidak mungkin bagi pemain lain untuk memenangkan empat penghargaan Ballon d'Or sebelum berusia 25 tahun, 6 bulan dan 15 hari.

4 dari 6 halaman

Cetak Gol Liga Terpanjang Berturut-turut

Konsistensi dan kebugaran adalah kunci untuk mencetak gol dari minggu ke minggu bagi La Pulga. Baru-baru ini, Jamie Vardy memecahkan rekor Ruud van Nistelrooy untuk menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak 11 pertandingan liga berturut-turut. Tapi sekali lagi, Messi memegang posisi no.1 di sini.

Messi mencetak 33 gol dalam 21 pertandingan berturut-turut La Liga selama musim 2012-13. Jangka waktunya mencetak gol pada 21 pertandingan La Liga dimulai pada November 2012 dan berlanjut hingga matchday 38 saat Atletico Madrid akhirnya mematahkannya.

Itu adalah rekor yang menakjubkan dan Messi berhasil mencetak gol di semua pertandingan liga musim itu kecuali empat laga saja. Tidak seorang pun di liga papan atas dunia bahkan mendekati catatan itu. Pemain kedua terbaik adalah Gerd Müller, yang mencetak 22 gol dari 16 pertandingan berturut-turut untuk Bayern Munchen selama musim 1969-70.

5 dari 6 halaman

Gol Resmi Terbanyak dalam 1 Tahun Kalender

Lionel Messi adalah salah satu pencetak gol paling produktif di dunia saat ini. Pemain Argentina itu telah mencetak 30 gol dalam 6 musim La Liga sejauh ini dan berada pada target untuk ke-7 kalinya musim 2017-2018.

Pada tahun 2012, Messi memecahkan rekor berusia 40 tahun yang dipegang oleh legenda Jerman, Gerd Muller. Messi mencetak 91 gol yang menakjubkan (digabungkan di semua kompetisi resmi untuk Barcelona dan Argentina), memecahkan rekor sebelumnya dari 85 gol yang diraih oleh Gerd Muller untuk Jerman dan Bayern pada tahun 1972.

91 gol Messi datang juga secara mengaggumkan dengan 79 gol dalam 60 penampilan untuk Barcelona, dan 12 gol dalam sembilan pertandingan bersama Argentina. Bahkan dia catatkan rataan 1,319 gol per game dan 66 menit per gol.

Dalam perjalanan menuju rekor ini, Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak di musim La Liga (50 gol pada 2012/13). Istimewa, bukan?

6 dari 6 halaman

Gol Terbanyak untuk Satu Klub

Gol El Clasico di Santiago Bernabeu baru-baru ini adalah salah satu yang spesial bagi Lionel Messi. Sebab, superstar Argentina itu mengalahkan legenda Bayern dan Jerman Gerd Muller karena mencetak memecahkan rekor gol (525) untuk satu klub di lima liga top Eropa. Dia menyamainya pada 10 Desember melawan Villarreal dan melewatinya vs Real Madrid pada 23 Desember.

Pemenang lima kali Ballon d'Or tersebut telah mencetak 527 gol sejauh ini. Dia memecahkan rekor 39 tahun Muller dengan 525 gol dalam 574 penampilan untuk Bayern antara tahun 1965 dan 1979. Karier Messi masih bisa dua atau bahkan lima tahun lagi dan dia mungkin bisa mengemas 700 + gol untuk Barcelona.

Kesetiaan yang belakangan lenyap di sepak bola karena jumlah uang besar kepada pemain, menjadi alasan mengapa rekor ini akan sukar dipecahkan. Dengan skenario pasar, aman untuk mengatakan bahwa rekor Lionel Messi ini akan bertahan selamanya. (Eka Setiawan)

Video Populer

Foto Populer