Sukses


    Prediksi Perseru vs Persipura: Bentrok Tanpa Kapten

    Bola.com, Serui - Pertarungan antara dua klub sesama Papua akan tersaji di Stadion Marora Serui, Sabtu (8/10/2016). Perseru Serui akan menjamu Persipura Jayapura yang datang dengan modal kemenangan besar di pertandingan sebelumnya. Dua tim Papua ini pun harus bermain di pekan ke-22 Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo tanpa kehadiran kapten tim masing-masing.

    Arthur Barrios Bonai, kapten tim tuan rumah, harus absen membela Perseru karena terjerat akumulasi kartu kuning. Sementara itu, Boaz Solossa terpaksa tak ikut tur ke Kabupaten Kepulauan Yapen karena sedang bergabung dengan Timnas Indonesia yang akan melakoni uji coba internasional melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (9/10/2016) ini.

    Absennya kedua kapten dari masing-masing tim bukan hal yang sepele. Arthur Bonai dan Boaz Solossa adalah roh permainan kedua tim di sepanjang turnamen TSC 2016.

    Arthur merupakan jenderal lapangan tengah Perseru, sedangkan Boaz merupakan penggedor lini bertahan lawan dan pengumpul pundi-pundi gol Tim Mutiara Hitam.

    Tidak hadirnya Arthur Bonai dalam pertandingan kali ini dianggap menjadi kerugian bagi Perseru. Tim yang baru saja mengalami kekalahan 1-2 dari Persija Jakarta itu tak memiliki pemain gelandang yang memiliki kemampuan yang sebanding dengan pemain yang sempat dipanggil mengikuti training centre Timnas Indonesia di Stadion Manahan, Solo, 22-27 September 2016.

    "Ini jelas sebuah kerugian besar. Lini tengah Perseru selama ini sangat tergantung dari Arthur Bonai. Tim ini tak ada gelandang yang punya kualitas setara dirinya. Apalagi partai derby ini sangat bergengsi bagi kami," kata Pelatih Perseru, Hanafi.

    Pelatih asal Malang ini tak hanya kehilangan Arthur Bonai di lini tengah tim asuhannya. Ia juga harus kehilangan dua pilar penting lainnya, Yoksan Ama dan Septinus Hanoman, yang juga absen karena jeratan kartu kuning.

    "Praktis lini tengah dan depan agak terganggu. Kolaborasi Arthur Bonai dan Yoksan Ama selama TSC ini sangat padu. Saya harus cari cara untuk menutupi kekurangan ini," ujar Hanafi.

    "Dengan situasi seperti ini, bermain kolektif saya pikir akan lebih efektif daripada saya mengandalkan skill individu karena kualitas anak-anak masih di bawah pemain Persipura. Soliditas antarlini sangat penting untuk mengurangi gempuran lawan," lanjutnya.

    Namun, Hanafi tetap terlihat optimistis dalam laga kandang kontra Persipura ini. Berbekal kekalahan tipis 0-1 dari Persipura yang dialami di putaran pertama, Perseru dianggapnya bisa lebih baik dalam laga kali ini. 

    "Jika di kandang lawan hanya kalah tipis, kami optimistis bisa mengalahkan mereka di Serui meski kekuatan Persipura kali ini lebih bagus dibanding putaran pertama lalu," ucap Hanafi.

    2 dari 2 halaman

    Persipura Tanpa 5 Pemain Penting

    Perseru Serui boleh saja merasa optimistis menghadapi Persipura di laga kandang kali ini. Namun, meski tidak diperkuat oleh Boaz Solossa, Mutiara Hitam masih memiliki kualitas yang jauh lebih baik untuk bisa membawa pulang poin dari Yapen Selatan.

    Sejak ditangani oleh Angel Alfredo Vera, performa Persipura terus meningkat dan membaik. Hasil terbaik di TSC 2016 baru saja mereka raih saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Mandala Jayapura pada pekan ke-21. Boaz Solossa dkk. mencukur habis Laskar Joko Tingkir dengan skor telak 5-0.

    Namun, Persipura juga tidak bisa meremehkan tim tuan rumah lantaran Mutiara Hitam pun datang tanpa sejumlah pemain penting. Selain Boaz Solossa dan Dominggus Fakdawer yang dipanggil Timnas Indonesia, Ricardinho dan Bio  Paulin masih mengalami cedera. Sementara itu, Muhammad Tahir dipastikan absen karena terserang penyakit cacar.

    Kendati tanpa sejumlah pemain penting kemenangan tampaknya masih menjadi target Persipura di Serui. Bertandang ke markas Perseru yang saat ini terpaut 13 poin di bawah mereka pun membuat Persipura sangat yakin tiga poin merupakan target yang harus diraih.

    "Kami akan memaksimalkan pemain-pemain yang ada dan siap bermain. Targetnya tetap meraih poin di pertandingan ini," ujar Angel Alfredo Vera.

    Tanpa Boaz dan Ricardinho, Angel Alfredo Vera tampaknya akan memainkan Edward Wilson, Lukas Mandowen, dan Ferinando Pahabol di lini depan. Sementara lini tengah masih akan dipercayakan kepada Nelson Alom, Ian Louis Kabes, dan Imanuel Wanggai.

    Video Populer

    Foto Populer