Sukses


    Prediksi Persiba vs Mitra Kukar: Bukan Sekadar Rivalitas

    Bola.com, Balikpapan - Persiba Balikpapan akan menjamu tetangga dekat Mitra Kukar pada laga pekan ke-25 Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Persiba, Balikpapan, Sabtu (22/10/2016). Kubu Beruang Madu pun bertekad memenangkan laga demi menjaga gengsi di hadapan publik sepak bola Pulau Borneo.

    Di lima pertandingan terakhir, Persiba Balikpapan hanya berhasil meraih tiga poin. Kemenangan 2-1 atas Bali United dalam laga tandang menjadi satu-satunya hasil positif yang diraih tim asuhan Jaino Matos. Persiba berharap tren negatif ini berakhir saat bersua Tim Naga Mekes.

    Tim pelatih Persiba dan para pemain telah melakukan evaluasi setelah kekalahan tipis 0-1 dari Bhayangkara FC pada pertandingan pekan ke-24 TSC 2016. Konsentrasi terhadap permainan tim pun menjadi konklusi dari evaluasi dan para pemain diharapkan bisa memperbaikinya dalam laga Derbi Kalimantan Timur kali ini.

    "Kami sadar setelah menghadapi Bhayangkara FC. Kami melakukan diskusi dan kami mengakui bahwa sejauh ini dari data dan fakta yang ada, kami tak pernah bisa mengantongi hasil dengan maksimal karena selalu ada yang salah dalam permainan kami sendiri. Kekurangan itu adalah dalam masalah konsentrasi," ujar Jaino Matos.

    "Kami akan fokus dengan konsentrasi bermain. Bicara soal bermain secara maksimal, harus saya akui kami selalu bermain lebih dari maksimal dalam setiap pertandingan," lanjut pelatih asal Brasil yang pernah menjadi pemandu bakat untuk Persib Bandung itu.

    Kemenangan tim rencananya akan dipersembahkan kepada salah satu pemain yang tengah menjalani operasi lutut kanannya, Bayu Guntoro.

    "Ia menyampaikan Persiba Balikpapan doa dukungan buat seluruh anggota tim agar bisa memenangi Derbi Kaltim kali ini. Kami pun berharap bisa memberikan kebahagiaan bagi Bayu dengan mengantungi kemenangan," ujar Bima Sakti, asisten pelatih Persib.

    2 dari 2 halaman

    Hasil Akhir Krusial bagi Tim Naga Mekes

    Laga derbi antara Persiba dan Mitra Kukar pada pekan ke-25 TSC di Stadion Persiba Balikpapan, Sabtu (22/10/2016), menjadi pengukuhan siapa tim terbaik di Kaltim. Hingga pekan ke-24, untuk sementara, dari konstelasi klasemen TSC, perolehan angka Naga Mekes masih lebih unggul dibanding Pusamania Borneo FC dan Persiba Balikpapan.

    Namun pelatih Mitra Kukar Jafri Sastra tak terlalu memikirkan soal perseteruan antartim Kaltim. "Dalam kompetisi yang dibutuhkan konsistensi permainan dan prestasi tim. Jika penampilan pemain stabil, setiap pertandingan selalu ada kemajuan yang bisa membawa tim ini terus bersaing di papan atas TSC. Jadi kami menilainya bukan sekadar rivalitas antartim sedaerah," tutur Jafri Sastra.

    Kendati demikian, Jafri Sastra pun tak menafikan bila aroma derby tetap penting untuk menjaga kehormatan daerah masing-masing. Menurutnya gengsi dalam pertandingan ini akan menjadi lebih besar dan penting bagi kedua tim ketimbang hal lain.

    "Pertandingan lawan Persiba tetap penting. Kami menganggapnya seperti partai melawan tim lain yang beda propinsi, tapi saya tak menampik bila gengsi kali ini jelas lebih tinggi," ucap Jafri Sastra yang di awal musim sempat menukangi Persipura Jayapura tersebut.

    Mengenai persiapan menghadapi Persiba, Jafri Sastra menambahkan, "Selama dua pekan terakhir jadwal sangat padat. Saya tak punya persiapan khusus untuk tandang ke Persiba. Semua berjalan sewajarnya, latihan dan menerapkan taktik strategi. Kuncinya, siapa yang punya fisik bagus, dia yang akan unggul, tapi tentu saja saya ingin Mitra Kukar yang unggul."

    Mantan pelatih Semen Padang ini juga tak risau dengan absennya kapten tim Bayu Pradana dan Septian David Maulana yang sedang menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Sleman.

    "Kami sudah punya pengalaman main tanpa dua pemain itu. Semua pemain siap diturunkan. Kami ambil hikmahnya ketika bertanding tanpa Bayu Pradana dan Septian David. Ternyata pemain lain mampu mengisi pos yang ditinggalkan dengan baik," ungkap Jafri Sastra.

    Prakiraan Susunan Pemain:

    Persiba (4-4-2): Yoewanto Beny (Kiper); Fengky Turnando, Ledi Utomo, Hermawan, Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Belakang); Antonio Adriano Teles, Abdul Aziz Lutfi Akbar, Kurniawan Karman, Asnawi Mangkualam Bahar (Tengah); I Gusti Rustiawan, Ade Kurniawan (Depan)

    Pelatih: Jaino Matos

    Mitra Kukar (4-4-1-1): Gerri Mandagi (Kiper); Michael Yansen Orah, Saepuloh Maulana, Joko Sidik Fitrayono, Zulchrizal Abdul Gamal (Belakang); Asri Akbar, Muhammad Bahtiar, Victor Herrero Forcada, Hendra Bayauw, Ronal Setmot (Tengah); Marlon da Silva (Depan)

    Pelatih: Jafri Sastra

    Video Populer

    Foto Populer