Sukses


    Prediksi Persipura Vs PSM: Laga Krusial Penentu Juara

    Bola.com, Jayapura - Persipura Jayapura akan menjalani laga pamungkas di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo dengan menjamu PSM Makassar di Stadion Mandala, Jayapura, Minggu (18/12/2016). Kemenangan Persipura akan menjadikan Jayapura berpesta. Namun, jika gagal menang, Arema Cronus bisa seketika menggagalkan pesta tersebut.

    Persipura saat ini berada di puncak klasemen TSC 2016 dengan 65 poin dan menyisakan satu laga. Sementara Arema Cronus mengekor di posisi kedua dengan hanya terpaut dua poin. Persipura akan menjamu PSM Makassar pada Minggu (18/12/2016) sore WIT, sebelum Arema Cronus menutup kampanye TSC 2016 dengan menjamu Persib Bandung pada Minggu malam.

    Kemenangan tentu menjadi harga mati bagi Persipura yang ingin memberikan pesta bagi masyarakat Papua. Namun, PSM Makassar bukan lawan yang bisa diremehkan begitu saja. Pelatih Persipura, Angel Alfredo Vera, merasa sangat yakin bisa meraih kemenangan. Namun, pelatih asal Argentina itu juga tampak tegang karena laga ini benar-benar menjadi penentu apakah Persipura bisa memastikan gelar juara atau harus menunggu hingga Arema selesai menghadapi Persib.

    "Tentu ini menjadi laga krusial bagi kami. Meski tampil di depan pendukung sendiri, laga ini penentuan sehingga ada beban yang kami rasakan," ujar Angel Alfredo Vera.

    Meski harus memastikan gelar juara menjadi milik Persipura, Alfredo Vera mengaku tidak ada persiapan khusus. Sapu bersih tiga poin dalam lima laga terakhir membuat sang pelatih cukup yakin dengan permainan seperti biasa yang dilakukan skuat Mutiara Hitam, kemenangan bisa menjadi milik mereka.

    "Kami akan tetap bermain seperti biasa, bermain seperti pada laga-laga sebelumnya. Yang terpenting adalah menghilangkan pikiran negatif dan tetap berpikir positif untuk bisa mendapatkan poin penuh di laga kandang terakhir ini," ujar sang pelatih.

    Dalam pertandingan pamungkas ini, Persipura tidak akan diperkuat Boaz Solossa yang masih memperkuat Timnas Indonesia di final Piala AFF 2016. Sementara di pihak PSM Makassar, selain Ferdinand Sinaga dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh yang juga membela Timnas Indonesia, Reva Adi Utama jadi pemain yang harus absen dalam pertandingan terakhir TSC 2016 ini. Tidak maksimalnya PSM Makassar menjadi keuntungan tersendiri bagi Persipura untuk bisa memastikan gelar juara.

    "Kami sangat fokus menghadapi PSM Makassar, dan saya mendengar lawan hanya membawa jumlah pemain yang minim. Tentu sangat bagus bagi kami untuk bisa menjadi juara di Jayapura. Kami tetap akan mempertahankan the winning team dan pola 4-3-3 yang membawa kami sukses mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1," lanjut Angel Alfredo Vera.

     

    2 dari 2 halaman

    Misi Berat Juku Eja Bertahan di 5 Besar TSC 2016

    Misi berat juga diemban PSM Makassar. Skuat Robert Alberts itu wajib menekuk tuan rumah bila ingin bertengger di lima besar TSC 2016 pada akhir kompetisi.

    Namun jika menang, bukan berarti tim berjulukan Juku Eja itu bisa langsung menggapai target tersebut karena dua pesaing mereka yang memiliki jumlah poin sama, 54 poin, yaitu Bhayangkara FC dan Persib Bandung, lebih unggul secara head to head. Seandainya kedua rival itu juga berhasil meraih kemenangan, PSM dipastikan gagal menembus posisi lima besar.

    Belum lagi ada ancaman dari Sriwijaya FC yang kini mengolesi 53 poin. Seandainya PSM, Persib, dan Bhayangkara sama-sama mengalami kekalahan atau maksimal seri di pekan terakhir, dan Sriwijaya berhasil menekuk Pusamania Borneo, PSM bisa terhempas ke peringkat tujuh.

    Situasi ini dipahami betul oleh CEO PSM, Munafri Arifuddin. Petinggi PSM itu mewajibkan Robert Alberts dan skuatnya mengalahkan Persipura Jayapura dalam pertandingan terakhir TSC 2016 dengan dukungan yang cukup besar di Jayapura.

    "Secara teknis, kami tidak kalah dari Persipura. PSM juga memiliki banyak pendukung di Jayapura. Jadi, wajar kalau kami mematok target tiga poin di Jayapura," kata Munafri.

    Robert terkesan santai dibebani target menang atas Persipura. Pelatih asal Belanda ini tidak risau dengan kondisi
    sejumlah pemain yang masih bermasalah dengan cedera. Kwon Jun dan Rahmat Syamsuddin hampir pasti absen karena cedera. Sedangkan Titus Bonai dan Rasyid Bakri masih diragukan kebugarannya.

    "Rasyid sudah membaik. Khusus untuk Tibo, saya akan memainkannya di babak kedua. Sedang Luiz Ricardo jadi starter," katanya.

    Untuk mengganti peran Rahmat, Robert menunjuk mantan striker PON Sulawesi Selatan, Andri Faizal Amru, sebagai opsi pertama di lini depan PSM. "Saya berharap para pemain tampil lepas. Kalau atau menang itu soal hasil saja," papar Robert.

    Prakiraan susunan pemain

    Persipura (4-3-3): Yoo Jae Hoon, Yustinus Pae, Rony Beroperay, Bio Paulin, Ricardo Salampessy, Izaac Johanes Wanggai, Nelson Alom, Ricardinho, Osvaldo Ardiles Haay, Yohanes Ferinando Pahabol, Edward Wilson Junior.

    Pelatih: Angel Alfredo Vera

    PSM (4-3-3): M. Syaiful, Wasyiat Abdullah, Ahamd Hisyam Tolle, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Rasyid Bakri, Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Ridwan Tawainella, Luiz Ricardo, Andri Faizal Amru.

    Pelatih: Robert Alberts

    Video Populer

    Foto Populer