FOTO: 11 Bintang Sepakbola yang Jatuh Hati Urusi Politik

oleh Teguh Iman Mulia diperbarui 21 Feb 2018, 07:30 WIB
Politik menjadi ambisi berikutnya bagi para pesepak bola dunia baik saat masih berkarir di lapangan maupun yang sudah menyatakan gantung sepatu. (Kolase foto-foto AFP)
1. George Weah - Memulai petualangan di dunia politik pada tahun 2005, pemain terbaik dunia 1996 tersebut berhasil menjadi Presiden Liberia 13 tahun berselang yang disokong partai Demokrat. (AFP/Issouf Sanogo)
2. Gianni Rivera (Tengah) - Legenda Rossoneri yang terjun ke dunia politik usai dibawa oleh sang Presiden AC Milan saat itu Silvio Berlusconi tahun 1986. Karirnya langsung menanjak hingga terpilih menjadi anggota Parlemen Italia. (AFP/Franck Fife)
3. Andriy Shevchenko - Bomber legendaris AC Milan ini terjun di dunia politik bahkan saat masih bermain bersama Dynamo Kiev pada tahun 1990 dan masih berlanjut hingga sekarang. (AFP/Genya Savilov)
4. Andrey Arshavin - Mantan pemain Arsenal sempat berkarir di dunia politik dan mencalonkan diri untuk partai politik yang sangat dominan saat itu yang dipimpin oleh Vladimir Putin namun ia mundur beralasan ingin fokus di sepakbola. (AFP/Olga Maltseva)
5. Roman Pavlyuchenko - Mantan bomber Tottenham Hotspur tersebut justru punya sepak terjang yang bagus berpolitik usai sukses terpilih sebagai Walikota di tanah kelahirannya Stavropol. (AFP/Ian Kington)
6. Didier Drogba - Prestasinya tidak hanya bagi Chelsea di dunia sepakbola namun juga di dunia politik usai berkontrubusi dalam perdamaian pasca konflik yang terjadi di Pantai Gading. (AFP/Issouf Sanogo)
7. Gerard Pique - Bek Barcelona tersebut mulai aktif di dunia politik usai mengkampanyekan pemisahan Catalunya dari negara Spanyol. (AFP/Lluis Gene)
8. Romario - Kejayaannya bersama Barcelona tertular di dunia politik usai penyerang gempal tersebut terpilih sebagai senator di negaranya, Brazil. (AFP/Evaristo SA)
9. Sol Campbell - Sempat giat geluti politik di Inggris, namun keinginan mantan bek Arsenal untuk bergabung di partai konservatif harus bertepuk sebelah tangan usai namanya tidak diikut sertakan. (AFP/Tony Karumba)
10. Hakan Sukur (Kiri)- Legenda turki tersebut menggunakan keterkenalannya untuk ikut di dunia politik. Usaha berbuahkan hasil pada tahun 2011, ia terpilih sebagai anggota parlemen dari partai pemenang saat itu. (AFP/Valery Hache)
11. Kakhaber Kaladze - Siapa sangka, mantan pemain belakang AC Milan kini menjabat sebagai Walikota Tbilisi, Ibu Kota Georgia. (AFP/Vano Shlamov)

Berita Terkait