Foto: 6 Pemain Naturalisasi Belanda di Timnas Indonesia, Lilipaly Terbaik

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 20 Nov 2021, 13:03 WIB
Stefano Lilipaly sempat menjadi obrolan kala dirinya promosi ke tim utama FC Utrecht. Ia resmi menjadi WNI pada 2011 usai publik mendesak PSSI untuk menaturalisasi pria berdarah Indonesia-Belanda itu. Lilipaly berjasa membawa Timnas Indonesia hingga partai final AFF 2016. (Bola.com/Yoppy Renato)
Ezra Walian sempat mengalami kendala untuk bergabung di Timnas Indonesia karena terbentur dengan peraturan FIFA meski sudah dinaturalisasi sejak 2017. Pasalnya, sebelum bergabung di Timnas Indonesia U-23, ia pernah membela Timnas Belanda, U-15, U-16, dan U-17. (AFP/(Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Sergio van Dijk merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang memiliki reputasi mentereng di Liga Australia. Ia akhirnya mendapatkan status WNI pada 2013. Van Dijk terpilih menjadi skuat Merah Putih pada ajang Piala AFF 2014 sebelum kariernya meredup. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Raphael Maitimo masuk kloter naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 bersama rombongan pemain Belanda lainnya, Jhonny van Beukering dan Tonnie Cusell. Sebelumnya, Maitimo merupakan jebolan Feyenoord Academy dan pernah membela Timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Diego Michiels didatangkan ke Indonesia untuk memperkuat Timnas U-23 di SEA Games 2011. Selepas ajang tersebut, pria keturunan Indonesia-Belanda tersebut memutuskan untuk berkarier di Indonesia. Penampilan terakhirnya di Timnas saat SEA Games 2013. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Marc Klok menjadi pemain naturalisasi asal Belanda ke-10 di Indonesia. Ia resmi menjadi WNI pada November 2020 lalu. Ia pernah dipanggil untuk pemusatan latihan persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, akhir-akhir ini ada masalah mengenai proses naturalisasinya. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)