Erick Thohir Bakal Diundang dalam Diskusi Membedah Format Liga 1 Musim Depan

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 28 Mei 2023, 13:00 WIB
Trofi juara BRI Liga 1 2022/2023. (Bola.com/Dok.PT LIB).

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, diundang dalam diskusi untuk membahas format Liga 1 2023/2024 yang menganut dua sistem. Pertama, reguler series. Kedua, championship series.

Erick Thohir, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan 18 peserta Liga 1 telah sepakat untuk memutar kompetisi dengan double round-robin pada 1 Juli 2023 hingga 28 April 2024.

Advertisement

Sebanyak 18 tim akan bertanding 34 kali secara kandang dan tandang. Format ini disebut PT LIB sebagai 'reguler series'.

Empat klub teratas akan lolos ke championship series untuk memperebutkan gelar juara Liga 1. Namun, tidak dijelaskan bagaimana penentuan posisi 1-4 yang bakal bermain di babak ini.

2 dari 5 halaman

Untung dan Rugi Format Kompetisi

PSM Makassar tampil menjadi juara BRI Liga 1 2022/2023 dengan skuad yang merata antara pemain asing dan pemain lokal. Dari sisi nilai pasar pun, perpaduan antara pemain asing dan pemain lokal pun terlihat merata, di mana dari total 8 pemain dalam deretan termahal terdapat 4 pemain asing dan 4 pemain lokal. Siapa saja? berikut daftar lengkapnya menurut situs trasnfermarkt. (Bola.com/Wahyu Pratama)

Penggunaan format baru di Liga 1 itu akan dibedah dalam diskusi bersama stakeholder sepak bola Indonesia bertajuk "Liga Indonesia 2023/2024, Untung-Rugi Format Baru Kompetisi" naungan Seputar Jurnalis Football Club (See Jontor FC) di Myten Coffee, Jakarta Pusat, pada 31 Mei 2023.

"Acara diskusi ini tentunya bertujuan untuk membedah seperti apa format baru kompetisi musim depan. Apakah cocok diterapkan di kompetisi Indonesia atau tidak," kata Ketua penyelenggara diskusi, Yudhi Maulana.

Para stakeholder sepak bola Indonesia juga akan memberikan pendapatnya untuk menguliti sistem gres pada kompetisi liga musim depan.

3 dari 5 halaman

Pembahasan Menarik

"Format baru kompetisi liga musim depan yang diusung PSSI tentu akan menjadi pembahasan menarik. Sebab, kualitas kompetisi yang baik tentu akan berdampak juga kepada prestasi Timnas Indonesia," ujar pengamat sepak bola, Yusuf Kurniawan yang akan menjadi satu di antara narasumber diskusi.

Selain Erick Thohir dan Yusuf, diskusi itu juga berencana menghadirkan narasumber lainnya yaitu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Eko Setyawan hingga Direktur Persib Bandung, Teddy Tjahjono.

Selain itu, juga CEO Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), Hardika Aji, Presiden Persiba Balikpapan, Gede Widiade, hingga mantan COO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy.

4 dari 5 halaman

9 Poin Surat PT LIB kepada 18 Klub Liga 1 2023/2024

1. Program kompetisi Liga 1-2023/24 yang telah disampaikan dan dikoordinasikan dengan PSSI serta stakeholder terkait dengan rincian adalah sebagai berikut:

  • a) Tanggal Kick-Off Kompetisi: 1 Juli 2023 – 26 Mei 2024
  • b) Format Kompetisi:
  • - Reguler Series: 1 Juli 2023 - 28 April 2024 Double Round Robin, Home and Away, 18 klub, 34 pekan pertandingan, 306 Pertandingan;
  • - Championship Series: 4 - 26 Mei 2024 Knockout, 2 Leg (home & away), 4 klub teratas di Reguler Series, 8 pertandingan;
  • c) Total jumlah pertandingan adalah 314 Pertandingan
  • d) Peringkat teratas hingga urutan di bawahnya pada Championship Series akan mendapatkan slot tampil di AFC Club Competition 2024/25.

2. Draf jadwal pertandingan kompetisi BRI Liga 1-2023/24 (terlampir), adapun dalam penyusunannya memperhatikan beberapa parameter teknis dan sinkronisasi agenda Tim Nasional, agenda event sepak bola internasional, baik Tim Nasional maupun Klub, termasuk namun tidak terbatas pada jam kick off pertandingan di luar bulan Ramadhan yang akan terbagi menjadi 2 slot yaitu pukul 15.30 WIB dan 18.30 WIB.

3. Highlight regulasi Pemain BRI Liga 1-2023/24:

  • a) Kuota maksimal pemain per Klub maksimal 35 Pemain, dengan ketentuan batas usia pemain minimum kelahiran 1 Juli 2006;
  • b) Kewajiban memainkan pemain minimal 1 (satu) pemain U23 (kelahiran maksimal 1 Juli 2001 dalam starting XI dengan durasi bermain minimal 45 (empat puluh lima) menit, jika pemain tersebut digunakan untuk TIMNAS maka penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah terdaftar pada Klub.
  • c) Kuota pemain asing yang didaftarkan sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan;
  • d) Periode Transfer Matching System (TMS):
  • Periode I : 12 Juni – 3 September 2023
  • Periode II : 1 - 28 November 2023
  • e) Khusus untuk Liga kompetisi Liga 1, baik pendaftaran pemain lokal dan asing untuk didaftarkan dalam LIAS akan ditutup pada tanggal 20 Juli 2023.

4. Memperhatikan aspek profesionalisme dalam kompetisi, setiap klub BRI Liga 1-2023/2024 wajib mengikuti proses national club licensing cycle 2024, sebagai syarat untuk keikutsertaan pada kompetisi BRI Liga 1-2024/25 selain aspek sporting merit, kepada klub yang gagal meraih lisensi pada national club licensing cycle 2023 akan berkonsekuensi kehilangan beberapa variabel kontribusi komersial yang diterimapada kompetisi Liga 1-2023/24.

5. Sebagai langkah konkret pada peningkatan kualitas kompetisi, LIB membentuk department VAR yang telah memulai bekerja dalam langkah awal proses implemetasi penerapan VAR di kompetisi Liga 1-2023/24 sesuai panduan dari FIFA. Untuk mendukung implementasi VAR di setiap Stadion yang rencananya mulai disimulasikan dan diterakan pada putaran kedua di awal tahun 2024, maka LIB memohon dukungan klub untuk mempersiapkan, di antaranya:

  • a) Menaikan kekuatan pencahayaan Stadion menjadi minimal 1200 Lux;
  • b) Secara progresif, mulai memperbaharui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED;
  • c) Menggunakan LED Board dalam implemetasi komersial di perimeter Stadion

6. LIB memberikan peningkatan nilai kontribusi kompersial kepada klub BRI Liga 1- 2023/24 dengan 2 (dua) skema, yaitu kontribusi tetap/fix dan kontribusi variabel. Adapun terhadap besaran nilainya akan ditetapkan kemudian dalam forum RUPS Tahunan 2023, sebagai informasi terkait varibel kontribusi akan terbagi dalam 3 parameter di antaranya:

  • a) Sporting merit: peringkat klasemen dari klasemen akhir kompetisi Reguler Series;
  • b) TV Ratting & Sharing: berdasarkan perhitungan akhir dalam kompetisi Reguler Series;
  • c) National Club Licensing: berdasarkan pemenuhan aspek National Club Licensing siklus tahun 2023/24;
  • d) Penerapan upgrade/peningkatan stadion di homebase pertandingan, diantaranya: pencahayaan lampu & penggunaan LED Board;
  • e) Assessment dalam implementasi keikutsertaan Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16, U-18, U-20+ di musim 2023/24.

7. Pada masa persiapan pra kompetisi, LIB dan PSSI serta dukungan dari AFC akan menggelar competition education workshop dan seminar dalam rangka Club Empowerment 2023 yang dilaksanakan dalam estimasi periode 29 Mei-23 Juni 2023 dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

  • a) Safety security Officer;
  • b) Local General Coordinator;
  • c) Local Media Officer;
  • d) Local Medical Officer.

Sebagai informasi, kegiatan di atas akan dilaksanakan untuk memenuhi aspek kualifikasi standar kompetensi personel yang ikut serta dalam pelaksanaan pertadingan BRI Liga 1-2023/24 dan akan mendapatkan sertifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan kualifikasi standar dan kompetensi yang ditetapkan oleh PSSI dan AFC;

8. Sehubungan dengan penerapan taat wajib pajak, klub diminta untuk memastikan atau mengukuhkan status pajak perseroan menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP);

9. Terakhir, memperhatikan asas confidential, LIB dengan hormat meminta kepada seluruh klub peserta BRI Liga 1-2023/24 untuk menjaga segala bentuk audiensi atau informasi maupun edaran yang disampaikan oleh LIB baik melalui surat tertulis maupun surat elektronik untuk dibagikan/share secara utuh kepada seluruh media chanel/platform yang dimiliki, diimbau apabila informasi tersebut diperlukan sebagai konten media atau pemberitaan, mohon kiranya cukup mengambil cuplikan/quotes/intisari secara terbatas yang diperlukan dalam surat tersebut.

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Lalu

Berita Terkait