Sukses


    Menhub Jamin Waktu Tempuh Wisma Atlet ke Venue Asian Games Kurang dari 30 Menit

    Bola.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan jarak tempuh antara Wisma Atlet ke venue Asian Games 2018 sesuai persyaratan, yaitu kurang dari 30 menit.

    Menhub telah melakukan simulasi perjalanan dari Wisma Atlet ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII merupakan venue cabang olahraga pencak silat. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 25 menit.

    Budi Karya menyatakan prestasi waktu tempuh kurang dari 30 menit harus dipertahankan. "Kami memastikan jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain itu 30 menit atau kurang," kata Budi Karya Sumadi di Jakarta, seperti dikutip situs resmi Asian Games, Kamis (9/8/2018). 

    Sekjen Komite Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Eris Herryanto menyatakan transportasi merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam perhelatan ajang Asian Games. Selain itu, dari 40 cabang olahraga ada sekitar 36 cabang yang disiarkan secara langsung. Alhasil, panitia penyelenggara Asian Games dituntut membawa atlet tepat waktu ke lokasi pertandingan dengan tepat waktu.

    "Dukungan dari Kemenhub sangat banyak di antaranya adalah pengaturan trafik," katanya.  

    Sekjen Inasgoc juga memaparkan di Asian Games ada sekitar 17.000 atlet dan ofisial, yang sebagian besar menginap di Wisma Atlet Kemayoran. Selain itu ada 7.000 media dari seluruh dunia yang akan meliput.

    Sebelumnya, target mobilisasi atlet dalam simulasi Implementasi Kebijakan Transportasi Asian Games 2018 di Jakarta dinyatakan telah terpenuhi.

    "Dari hasil simulasi, Jumat (20/7), target waktu tempuh mobilisasi dari Wisma Atlet ke enam venue (arena) dari Inasgoc berhasil terpenuhi," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono.

    Nurhandono menjelaskan enam venue yang jadi sasaran simulasi terletak di Pondok Indah, Jakarta Selatan; GOR Bulungan, Jakarta Selatan; Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur; Gor POPKI Cibubur, Jakarta Timur; Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur; dan Pantai Ancol di Jakarta Utara.

    "Dari hasil simulasi, waktu tempuh dari Wisma Atlet ke Pondok Indah dengan jarak 30 kilometer bisa dicapai dalam waktu 30 menit, kemudian Wisma Atlet ke Gor POPKI Cibubur waktu tempuh 31 menit dengan jarak 29,4 kilometer," kata Nurhandono.

    Ia menambahkan Wisma Atlet ke TMII juga dapat ditempuh dalam 25 menit, sementara target komite penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) 35 menit.

    "Wisma Atlet Asian Games 2018 ke Velodrome waktu tempuh 17 menit, asumsi targetnya 25 menit dengan jarak 8,8 km, kemudian Wisma Atlet ke GOR Bulungan dapat ditempuh dalam 21 menit," tambah dia. 

    Video Populer

    Foto Populer