Sukses


    Puluhan Ribu Warga Makassar Antusias Sambut Kirab Obor Asian Para Games 2018

    Bola.com, Makassar - Sekitar 20 ribu warga Makassar memadati jalan-jalan utama Kota Daeng untuk menyambut kirab api obor Asian Para Games 2018, Rabu (12/9/2018). Makassar jadi kota pertama torch relay api obor yang disulut pada Hari Olahraga Nasional di Ternate, Sabtu (9/9/2018).

    Pawai api obor berawal di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan. Selanjutnya secara estafet, api obor dibawa Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono, Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Budi Sulistijono, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuju tribune lapangan Karebosi.

    Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari, memberi apresiasi kepada antuasisme warga masyarakat Makassar.

    "Sambutan warga Makassar jadi tambahan energi tersendiri buat INAPGOC, atlet dan ofisial Indonesia untuk meraih sukses prestasi dan penyelenggara," kata Raja Sapta.

    Raja Sapta menjelaskan setelah Makassar, pawai obor ini menyambangi Bali, Pontianak, Medan, Pangkal Pinang, dan terakhir di Jakarta.

    Asian Para Games 2018 akan berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. Diikuti 2.884 atlet dan 1.800 ofisial yang bertanding pada 18 cabang olahraga. "Kuwait menjadi kontingen pertama yang tiba di Jakarta," papar Raja Sapta.

    Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengajak semua pihak mendukung perjuangan atlet Asian Para Games 2018 Indonesia.

    "Seperti di Asian Games 2018, mereka juga berjuang membawa nama bangsa. Ajang ini juga sebagai bukti semua rakyat Indonesia punya kesempatan yang sama untuk membela bangsa," tegas Menhub Budi.

    Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengaku bangga daerahnya terpilih jadi lokasi pertama kirab api obor Asian Para Games 2018. "Kami berharap spirit dari Sulsel hari ini jadi penyemangat atlet Indonesia," kata Nurdin Abdullah.

    Di lain pihak, terkait konsep pembukaan Asian Para Games 2018, Raja Sapta, enggan berkomentar banyak.

    "Kalau dibuka sekarang tidak jadi kejutan lagi. Intinya, kalau di Asian Games, pembukaannya luar biasa, di Asian Para Games 2018 kami akan mengusung konsep kemanusiaan," pungkas Raja Sapta mengakhiri pembicaraan. (Abdi Satria)

    Video Populer

    Foto Populer