Sukses


5 Rekor yang Belum Dipecahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Bola.com, - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi disebut-sebut sebagai pesepak bola terbaik dalam satu dekade terakhir. Keduanya bersaing memecahkan berbagai rekor selama periode tersebut.

Ronaldo dan Messi sama-sama lima kali memenangi gelar Ballon d'Or sejak 2008. Jumlah itu mengungguli Michel Platini, Johan Cruyff, dan Marco van Basten yang masing-masing meraih tiga gelar.

Selain itu, Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Real Madrid dengan koleksi 432 gol. Eks Manchester United itu juga menjadi pencetak gol terbanyak timnas Portugal berkat catatan 79 gol.

Seperti rivalnya, Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak di Barcelona dan timnas Argentina. Penyerang berusia 30 tahun itu mencetak 569 gol untuk Barcelona serta 61 gol bersama timnas Argentina.

Prestasi tersebut menciptakan anggapan mencetak gol adalah perkara mudah untuk Ronaldo dan Messi. Keduanya silih berganti memecahkan rekor di dunia sepak bola.

Meski begitu, tidak semua rekor berhasil dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Beberapa rekor masih belum mereka lampaui.

Lantas, apa saja rekor yang belum dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? Berikut ini adalah lima di antaranya:

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

 

2 dari 6 halaman

Gol Terbanyak di Final Piala/Liga Champions

Ronaldo dan Messi adalah dua pemain dengan koleksi gol paling banyak di Liga Champions. Kapten timnas Portugal itu membukukan 117 gol, sementara rivalnya mengoleksi 98 gol.

Meski begitu, keduanya bukan pemain yang paling sering mencetak gol di final Piala/Liga Champions. Rekor tersebut masih menjadi milik legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano.

Pria asal Argentina itu mengoleksi tujuh gol pada laga final Piala/Liga Champions. Jumlah itu mengungguli perolehan Ronaldo (empat gol) dan Messi (dua gol). Uniknya, ketiga pemain sama-sama empat kali merengkuh trofi Piala/Liga Champions.

 

3 dari 6 halaman

Gol Terbanyak dalam Satu Pertandingan La Liga

Saat ini, Messi adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah La Liga dengan catatan 369 gol. Sedangkan Ronaldo berada di posisi kedua dengan mengoleksi 297 gol.

Rekor terbaik Messi dalam satu pertandingan adalah mencetak empat gol ke gawang Valencia pada 2012. Sementara Ronaldo membukukan lima gol ke gawang Espanyol pada 2015.

Jumlah itu masih kalah dari legenda Barcelona, Laszlo Kubala. Pria asal Hungaria itu sempat membukukan tujuh gol saat Blaugrana menghadapi Sporting Gijon pada 1952.

 

4 dari 6 halaman

Gol Terbanyak di Piala Dunia

Baik Ronaldo maupun Messi belum berhasil merengkuh Piala Dunia. Prestasi terbaik Ronaldo bersama negaranya adalah Piala Eropa 2016, sementara Messi menjuarai Olimpiade 2008.

Tidak hanya itu, Ronaldo dan Messi juga masih jauh dari gelar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Ronaldo baru menorehkan tiga gol, sementara catatan Messi sedikit lebih baik, lima gol.

Pencetak gol terbanyak di Piala Dunia masih dipegang oleh Miroslav Klose. Penyerang asal Jerman itu mengoleksi 16 gol sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia.

 

5 dari 6 halaman

Gol Terbanyak dalam Satu Musim di Liga

Ronaldo dan Messi terkenal sebagai pencetak gol ulung. Keduanya kerap menghiasi daftar pencetak gol La Liga setiap musim sejak 2009-2010.

Catatan terbaik Ronaldo tercipta pada musim 2014-2015 setelah membukukan 48 gol. Messi menciptakan rekor ketika mencetak 50 gol pada musim 2011-2012.

Namun, keduanya masih kalah dari legenda Everton, Dixie Dean, dalam daftar pencetak gol terbanyak selama satu musim di liga top Eropa. Dean mengoleksi 60 gol pada musim 1927-1928.

 

6 dari 6 halaman

Hattrick Terbanyak Sepanjang Karier

Mencetak hattrick bukan perkara sulit untuk Ronaldo dan Messi. Keduanya berkali-kali mencetak tiga gol ke gawang lawan sepanjang karier mereka.

Ronaldo mencatatkan 49 hattrick sepanjang kariernya, diikuti Messi dengan 44 hattrick. Namun, keduanya bukan pemain dengan hattrick terbanyak sepanjang karier.

Pemain yang mencetak hattrick paling banyak sepanjang kariernya adalah legenda sepak bola Brasil, Pele. Selama menjadi pesepak bola, Pele membukukan 92 hattrick.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer