Sukses


    Stadion Piala Dunia 2018: Kazan Arena

    Bola.com, Jakarta Kazan Arena. Berbeda dengan beberapa stadion lain yang memang sengaja dibangun untuk menyambut Piala Dunia 2018 nanti, Kazan Arena selesai dibangun beberapa tahun lalu.

    Kazan Arena memang dikenal sebagai markas terbaru salah satu klub terbesar di Rusia, Rubin Kazan, tetapi dalam perjalanannya, Kazan Arena kerap kali dimanfaatkan untuk menjadi arena perhelatan olahraga lainnya. Lokasi Kazan Arena pun termasuk salah satu yang paling indah, dibangun di sempadan sungai Kazanka,

    Stadion ini menyatu lembut dengan pemandangan kota di sekitarnya. Jika dilihat dari udara, stadion ini bahkan terlihat bak teratai di tengah kolam yang tenang. Pembangunan stadion ini dimulai pada Mei 2010 dan berakhir pada awal 2013.

    Berarti hanya butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan pembangunan stadion semegah itu, waktu yang terbilang sangat singkat dan efektif. Stadion ini memang awalnya dipersiapkan untuk menjadi lokasi utama penyelenggaraan Summer Universiade di Rusia di tahun 2013.

    Event tersebut merupakan ajang olah raga dan budaya bagi universitas-universitas internasional yang diselenggarakan dua tahun sekali di kota-kota berbeda seluruh dunia. Perhelatan ini melibatkan ribuan siswa atlet yang berkompetisi dan menjadikannya salah satu ajang multi-sport terbesar di dunia.

     

    2 dari 3 halaman

    Alur Kisah Kazan Arena

    Namun, setelah dipergunakan untuk acara Summer Universiade tersebut, Kazan Arena harus menjalani perbaikan dan pengembangan selama setahun penuh. Stadion baru bisa dimanfaatkan untuk pertandingan sepak bola pada 26 Mei 2014 saat Rusia menjamu Slovakia dalam pertandingan persahabatan.

    Sejak saat itu, Rubin Kazan secara permanen berkandang di Kazan Arena. Salah satu fitur paling menonjol di stadion ini adalah bagian depan gedungnya yang terdiri dari tiga plasma panel HD sebesar 4200 meter persegi, layar tersebut merupakan salah satu yang terbesar untuk stadion olahraga di seluruh dunia.

    Uniknya, pada tahun 2015, Kazan Arena sekali lagi dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan olah raga selain sepak bola. Kali ini lebih ekstrem, stadion ini dipercaya sebagai tuan rumah FINA World Aquatics Championships yang memaksa Kazan Arena kehilangan rumputnya dan harus diganti sementara dengan dua kolam renang berukuran besar. Acara tersebut berjalan sukses tanpa kekurangan, stadion ini sekali lagi membuktikan fleksibilitasnya.

    Seusai Piala Dunia 2018 nanti, stadion megah ini akan kembali dipergunakan sebagai markas Rubin Kazan yang sudah dua kali menjuarai Liga Rusia. Selain digunakan untuk menghelat pertandingan sepak bola, Kazan Arena juga sering dipergunakan sebagai panggung pertunjukan, konser dan acara publik.

     

    3 dari 3 halaman

    Informasi Kazan Arena

    Bangunan indah ini juga menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut, sebab fasilitas dan sarana yang tersedia di seputar stadion ini sangat cocok untuk liburan keluarga sehari penuh. Ada pusat hiburan anak-anak, klub sepak bola dan hoki untuk anak-anak, sekolah bahasa untuk segala usia, pusat kebugaran, kafe dan restoran.

    Sebagai alternatif, Kazan Arena sangat dekat dengan kompleks Riviera, tepat di seberang dam Leninskaya di sungai Kazanka yang hanya membutuhkan waktu 20 menit berjalan kaki. Riviera merupakan lokasi hiburan yang terdiri dari water park, bioskop, pertokoan dan sejumlah tempat untuk makan dan minum. Di sekitarnya juga ada banyak hotel berkelas mulai dari Riviera Hotel, Hotel MANO, Urbis Hotel dan Move Hotel.

    Informasi Kazan Arena

    1. Kota: Kazan

    2. Tahun Dibangun: 2013

    3. Kapasitas: 45.000 tempat duduk

    4. Markas Klub: Rubin Kazan

    5. Jadwal pertandingan:

    1. Prancis Vs Australia (Grup C / 16 Juni 2018)

    2. Iran Vs Spanyol (Grup B / 20 Juni 2018)

    3. Polandia Vs Kolombia (Grup H / 24 Juni 2018)

    4. Korea Selatan Vs Jerman (Grup F / 27 Juni 2018)

    5. Babak 16 Besar (30 Juni 2018)

    6. Perempat Final (6 Juli 2018)

    Sumber: Bola.net

    Video Populer

    Foto Populer