Sukses


Sudah Ada Liga Champions dan Liga Europa, UEFA Berencana Gelar Satu Kompetisi Lagi

Bola.com, Nyon - UEFA telah memiliki dua ajang yang bisa diikuti oleh berbagai macam klub-klub di Eropa. Pada musim 2021-2022, federasi tersebut diyakini akan memperkenalkan satu kompetisi tambahan.

Seperti yang diketahui, UEFA merupakan penyelenggara resmi ajang terbesar tingkat klub di Eropa, Liga Champions. Sejak tahun 1955, dan sempat ganti nama, kompetisi tersebut selalu mempertemukan tim-tim besar dan menyajikan pertandingan seru.

Selain itu, UEFA juga memegang ajang Liga Europa yang cukup sering disebut sebagai kompetisi kasta kedua. Walaupun tidak sebesar Liga Champions, namun ajang ini tetap mampu menyedot animo para pencinta sepak bola di seluruh dunia sejak tahun 1971.

Presiden Asosiasi Klub Eropa (ECA), diwakili Andrea Agnelli, ternyata memiliki wacana untuk memperbanyak jumlah klub yang berpartisipasi di tingkat Eropa. Itu artinya, UEFA pun harus menambah satu kompetisi lagi.

Agnelli sendiri mengaku telah mendapatkan 'lampu hijau' dari UEFA untuk agenda pelaksanaannya. Hal itu ia sampaikan dalam rapat anggota ECA yang digelar di Split, Kroasia, baru-baru ini.

"Menunggu Persetujuan dari komite eksekutif UEFA, 'lampu hijau' telah diberikan untuk memperkenalkan kompetisi ketiga," ujar Agnelli dikutip dari Reuters.

"Membuat jumlah keseluruhan klub menjadi 96, dimulai musim 2021-2022 nanti," lanjutnya presiden Juventus tersebut.

Kompetisi tersebut nantinya akan berstatus tingkat ketiga dan diikuti oleh 32 tim dengan format grup. Jumlah itu pun membuat ajang UEFA lainnya mengalami sedikit perubahan dalam jumlah klub yang akan ikut.

Liga Europa, yang sebelumnya diikuti 42 tim, akan dikurangi hingga menjadi 32 tim dengan format yang sama. Sedangkan Liga Champions sendiri tidak mengalami perubahan sama sekali, baik format maupun jumlah tim.

"Faktor penentu dalam mencapai posisi ini adalah kebutuhan untuk meningkatkan nilai keseluruhan kompetisi," tutup Agnelli.

Diskusi lebih lanjut akan dilakukan pada akhir tahun ini. Pada pertemuan itu, perwakilan dari UEFA diyakini akan turut serta.

Sumber: Bola.net

 

 

Video Populer

Foto Populer