Sukses


Fakta Menarik dari Pertandingan Liverpool Kontra Barcelona

Bola.com, Liverpool - Liverpool membuat sejarah setelah menyingkirkan Barcelona pada semifinal Liga Champions 2018-19. Liverpool menjadi klub pertama yang lolos ke final Liga Champions setelah tertinggal tiga gol pada pertemuan pertama.

Liverpool menundukkan Barcelona dengan skor 4-0 pada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions. Skor itu membuat The Reds melenggang ke final dengan agregat 4-3.

Empat gol yang bersarang ke gawang Barcelona berasal dari dua pemain, yaitu Divock Origi dan Georginio Wijnaldum. Uniknya, dua pemain tersebut bukan merupakan pilihan pertama manajer The Reds, Jurgen Klopp.

Origi menggantikan peran Roberto Firmino yang mengalami cedera, sedangkan Wijnaldum baru mulai bermain pada babak kedua karena menggantikan Andy Robertson yang mengalami cedera. Dua pemain tersebut membuktikan kalau Liverpool bermain sebagai tim karena tetap tampil menawan walaupun tampil tanpa beberapa pemain bintangnya.

Lionel Messi merasakan duka mendalam di skuat Barcelona. Messi gagal merealisasikan janjinya kepada suporter Barcelona. Sebelumnya, Messi pernah berjanji akan membawa trofi Liga Champions ke Barcelona pada 2019.

Padahal, Messi tampil sensasional pada pertemuan pertama melawan Liverpool. Ia mencetak golnya yang ke-600 untuk Barcelona setelah membobol gawang The Reds.

Pada pertemuan kedua, Messi terlibat langsung dari delapan peluang yang dihasilkan Barcelona. Ia menjadi tiga kreator peluang Barcelona dan melakukan lima tembakan ke gawang Liverpool. Namun, Alisson memilih waktu yang tepat untuk menunjukkan performa terbaiknya.

Beda dengan Messi, Luis Suarez menepati janji yang ia buat sebelum laga. Suarez berjanji untuk tidak merayakan gol di Anfield, hal itu menjadi kenyataan setelah Barcelona gagal membuat satu gol pun ke gawang Liverpool.

Keberhasilan Liverpool menembus laga final Liga Champios merupakan keberhasilan yang kesembilan. Sebelumya, Liverpool telah menjadi juara di Liga Champions pada lima kesempatan, yaitu pada 1977, 1978, 1981, 1984 dan 2006. The Reds gagal menjadi juara pada tiga kesempatan lainnya, yaitu pada 1985, 2007 dan 2018.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari pertandingan Liverpool kontra Barcelona:

2 dari 2 halaman

Fakta-Fakta Menarik

- Liverpool menjadi klub pertama yang lolos ke final Liga Champions setelah berada dalam posisi tertinggal tiga gol pada pertandingan semifinal leg pertama.

- Liverpool menjadi satu di antara klub yang berhasil menembus final Liga Champions sebanyak sembilan kali. The Reds menyamai catatan Juventus dan melewati catatan Barcelona (8 final). Hanya Real Madrid, AC Milan dan Bayern Munchen yang memiliki catatan lebih baik dari Liverpool dan Juventus.

- Barcelona mencatatkan kekalahan dengan skor terburuk di Liga Champions, yaitu 0-4. Sebelumnya, Barcelona kalah dengan skor yang sama pada 1994 (AC Milan), 1997 (Dynamo Kiev), 2013 (Bayern Munchen), dan 2017 (PSG).

- Barcelona menjadi klub pertama di Liga Champions yang tersingkir pada fase knockout sebanyak dua kali setelah sempat unggul dengan selisih minimal tiga gol. Sebelumnya, mereka disingkirkan AS Roma pada musim 2017-18. Saat itu, Barcelona menang 4-1 di Camp Nou dan kalah 0-3 di Olimpico.

- Trent Alexander-Arnold pantas disebut sebagai pemain terbaik Liverpool pada laga melawan Barcelona di Anfield. Pemain berusia 20 tahun itu menjadi pemain yang paling banyak melakukan operan (56), melepaskan umpan silang (8) dan merebut bola dari lawan (4).

- Jersey yang digunakan Allison Becker pada laga semifinal merupakan jersey khusus. Liverpool terpaksa membuat jersey baru karena warna jersey kiper mereka sama dengan jersey tandang Barcelona. Jadi, jersey tersebut tidak tersedia untuk dijual.

- Divock Origi dan Georginio Wijnaldum menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol ke gawang Barcelona dalam satu pertandingan Liga Champions sejak April 2017 (Paulo Dybala).

- Alisson Becker menjadi bagian tim yang menyingkirkan Barcelona dari Liga Champions selama dua musim beruntun. Pada musim 2017-18, Alisson Becker yang memperkuat AS Roma juga menyingkirkan Barcelona setelah sempat kalah 4-1 pada laga leg pertama.

- Hanya ada dua pemain yang berhasil mencetak gol di Anfield pada Liga Champions 2018-19. Pemain tersebut adalah Thomas Meunier dan Kylian Mbappe yaitu pada September 2018.

- Lionel Messi tak pernah mencetak gol tandang untuk Barcelona setelah babak 16 besar Liga Champions sejak April 2013.

- Phil Coutinho meninggalkan Liverpool dan bergabung ke Barcelona untuk memperbesar peluangnya menjadi juara Liga Champions. Sejak Coutinho hengkang Liverpool sudah dua kali tampil di final Liga Champions.

- Luis Suarez menepati janjinya untuk tidak merayakan gol di Anfield.

- Luis Suarez membuat Andy Robertson mengalami cedera dan harus diganti oleh Georginio Wijnaldum ketika pergantian babak. Pemain pengganti tersebut menjadi bintang The Reds setelah mencetak dua gol ke gawang Barcelona.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

Video Populer

Foto Populer