Sukses


Final Liga Champions Tanpa Messi dan Ronaldo untuk Kali Pertama Sejak 2013

Bola.com, Liverpool - Kegagalan Barcelona melangkah ke final Liga Champions 2018-2019 menyisakan sebuah fakta menarik. Tersingkirnya Barcelona membuat final Liga Champions akan berlangsung tanpa Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo untuk kali pertama sejak 2013. 

Barcelona tersingkir setelah dilumat Liverpool 0-4 pada leg kedua semifinal di Stadion Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. Blaugrana angkat koper karena kalah dari The Reds dengan agregat 3-4. Messi tak bertaji mengangkat performa Barcelona pada leg kedua ini, sehingga harapannya lolos ke final kandas. 

Sebelumnya, Cristiano Ronaldo lebih dulu terdepak dari Liga Champions. Klub yang dibelanya, Juventus, tumbang di perempat final setelah kalah agregat 2-3 dari Ajax Amsterdam. 

Final Liga Champions musim ini akan mempertemukan Liverpool dengan pemenang dari duel semifinal lainnya, antara Ajax Amsterdam kontra Tottenham Hostpur. 

Absennya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di laga final kali terakhir terjadi pada 2013. Saat itu Bayern Munchen juara setelah menundukkan Borussia Dortmund 2-1 pada laga final di Stadion Wembley. 

 

2 dari 2 halaman

Ronaldo Lebih Dominan

Setelah musim 2013, salah satu di antara Messi atau Ronaldo selalu terlibat di final Liga Champions. Ronaldo lebih dominan dengan masuk ke final empat kali pada periode tersebut. 

Pada 2014 Ronaldo mencicipi final yang mempertemukan Real Madrid melawan rival sekotanya, Atletico Madrid. Ronaldo turut menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-1 El Real. 

Setahun berselang, giliran Messi yang terlibat pada final Liga Champions yang mempertemukan Juventus kontra Barcelona. Meski Messi tak menyumbang gol, Barca menjadi kampiun setelah menang dengan skor 3-1. 

Final 2016 kembali mempertemukan Real Madrid versus Atletico Madrid di San Siro. Ronaldo tentu kembali tampil. El Real menjadi juara lewat kemenangan adu penalti dengan skor 5-3. 

Ronaldo lagi-lagi tampil di final pada final Liga Champions 2017, saat Real Madrid bertemu Juventus. Los Blancos menang 4-1 dengan dua gol di antaranya dicetak Ronaldo. 

Real Madrid, yang diperkuat Ronaldo, juga tampil pada final Liga Champions 2018. Menghadapi Liverpool, El Real juara berkat kemenangan dengan skor 3-1.  

 

Video Populer

Foto Populer